Chiko
Penulis
7 min read dibaca 169 kali

4 Aplikasi & Website Untuk Pantau Arus Mudik Lebaran

By Chiko 7 min read
4 Aplikasi & Website Untuk Pantau Arus Mudik Lebaran
Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, selain mengecek kondisi kendaraan tetap oke, arus lalu lintas pun perlu menjadi perhatian.

Yee dalam hitungan beberapa hari lagi, sebagian besar umat Muslim di Indonesia akan merayakan Idul Fitri.

Bertepatan dengan hari raya tersebut, rutinitas yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia adalah melakukan perjalanan ke kampung halaman atau sering disebut mudik lebaran.

Entah itu naik kereta, pesawat, bus, atau kendaraan pribadi, banyak pemudik berusaha keras untuk dapat pulang ke kampung halaman tepat waktu dan menghindari padatnya volume penumpang menjelang lebaran.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, selain mengecek kondisi kendaraan tetap oke, arus lalu lintas pun perlu menjadi perhatian.

Beruntung dengan teknologi saat ini, pemudik dapat memantau arus lalu lintas mudik langsung dari smartphone. Tidak sekadar peta, tapi juga tampilan langsung dari kamera CCTV.

1. Jasa Marga Live (http://jasamargalive.com/)

(Gambar: Jasa Marga)

Sesuai namanya, aplikasi ini berisi informasi jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga. Aplikasi ini memiliki beragam fitur, mulai dari siaran langsung CCTV termasuk informasi lalu lintas. Mengingat aplikasi ini berasal dari Jasa Marga, informasi yang ditampilkan lebih luas mencakup beragam ruas tol di Pulau Jawa. Kamu dapat mengetahui kondisi terkini dari tol Cikampek hingga Surabaya.


2. LewatMana (lewatmana.com)

(Gambar: Tribun News)

LewatMana merupakan aplikasi yang menawarkan layanan lalu lintas terbaru. Jadi, pengguna dapat mengetahui kondisi lalu lintas terkini. Aplikasi ini memang baru mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kendati demikian, aplikasi ini tetap dapat membantumu menempuh perjalanan selama mudik.

3. Maxstream

(Gambar: Jawapos)

Menyambut mudik tahun ini, Maxstream turut menyertakan siaran langsung dari CCTV sejumlah jalur mudik. Dalam penayangannya, Telkomsel bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia. Ada 50 titik CCTV yang disiarkan sejak 27 Mei hingga 26 Juni 2019. Tayangan live streaming 50 CCTV di jalur mudik ini bisa diakses di saluran Mudik Hepi 2019 di Maxstream.

4. Google Maps

(Gambar: The Jakarta Post)

Mungkin beberapa dari anda ada yang mengetahui fitur tambahan yang ada dalam aplikasi Google Maps. Data ini didapat melalui jutaan pengguna aplikasi yang dikumpulkan secara realtime. Anda bisa mengaktifkan fitur ini pada menu Traffic. Warna merah berarti lalu lintas padat dan warna hijau berarti lalu lintas lancar.

 

Dikutip dari : Liputan 6 - Pantau Arus Mudik Lebaran dari Smartphone Pakai 3 Aplikasi Ini (dengan penyuntingan)

Penyunting: Khakim Assidiqi

Ilustrasi: Papay Wicaksono (https://dribbble.com/shots/2391400-Mudik)