Divisi News
Penulis
3 min read dibaca 67 kali

Tips dan Trik cara menghilangkan rasa gugup

By Divisi News 3 min read
Tips dan Trik cara menghilangkan rasa gugup
Saat didepan banyak orang kadang kita merasa gugup dan tak dapat berkata-kata. Lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Latih Nafas Dengan Baik

Apabila rasa gugup tiba-tiba mendatangi anda di detik terakhir anda akan melakukan kegiatan, maka anda bisa mencoba dengan melatih napas sebelum tampil di depan umum. Rasa gugup sangat berpengaruh dengan pola napas anda dan nantinya anda terlihat tidak siap, seperti kelelahan dan sebagainya.

Fokus

Bukan waktunya lagi anda khawatir akan hal yang tidak penting. Ketika anda sedang tampil dihadapan umum, bisa jadi  beberapa audiens tidak mengerti apa yang anda jelaskan jika gugup tersebut masih ada. Terutama jika anda menyampaikan hal yang benar-benar mereka butuhkan atau informasi penting. Seringkali karena hal penting maka anda merasa terbebani dan akhirnya gugup. 

Berlatih

Siapa bilang persiapan tidak mempengaruhi rasa gugup. Ketika anda seringkali berlatih, mengambil aksi dan menempatkan diri anda pada situasi yang bisa membuat anda gugup, akan membuat anda semakin percaya diri. Terutama jika anda pernah mengalami sebelumnya, maka anda tidak akan asing dengan keadaan tersebut dan rasa gugup tidak akan melanda dengan buruk.