News.

Radio Ekspresi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

News Adalah.

Divisi News merupakan salah satu divisi on air di UKM Radio Ekspresi Mahasiswa (REM) yang bergerak di bidang jurnalistik. Divisi News memiliki tugas utama untuk memberikan Akademia (sebutan untuk pendengar REM FM) informasi dari kampus Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan sekitarnya. Dalam divisi news terdapat 1 orang koordinator yang mengkoordinir anggota news dengan memberikan mereka tanggung jawab pada program kerja (progja) yang sudah dibuat oleh koordinator. Penanggung jawab di divisi news bertanggung jawab atas 1 progja yang yang diamanahkan koordinator untuk dilaksanakan pada bulan tersebut.

Tugas News.

Liputan

Liputan merupakan tugas utama dari divisi News. Liputan dilakukan pada semua kegiatan atau peristiwa yang ada di UNNES maupun Semarang dan sekitarnya. Selain liputan, anggota divisi News juga akan mempelajari bagaimana mengolah berita dari hasil liputan yang sudah dilaksanakan. Setelah pembuatan berita selesai, maka berita tersebut akan diposting di media sosial REM FM meliputi Facebook, Instagram, dan Twitter. News Sebagai media massa dalam bidang broadcasting, News harus bisa menyajikan berita yang jelas, tepat, dan mudah dipahami karena berita yang sudah dibuat akan dibacakan oleh penyiar. Untuk diposting di media sosial REM FM, maka berita yang ditulis harus lengkap, jelas, dan memakai ragam bahasa baku. Disamping melaporkan berita melalui tulisan dengan diposting ke media social milik REM FM, News dalam kegiatan liputan juga melakukan live report. Live report merupakan kegiatan melaporkan secara langsung peristiwa yang sedang tim news liput baik dengan phone live ke studio, atau dengan memposting berita di media sosial REM FM. Bahasa yang digunakan untuk live report berbeda dengan berita yang diposting pada media social. Live report disampaikan dengan bahasa yang lebih santai namun tidak menghapus inti berita..

Mencari Radio Ekpose dan Greeting

Mencari Radio Ekspose dan Greeting merupakan bagian dari tugas divisi News dam masuk ke dalam serangkaian kegiatan liputan. Radio Ekspose adalah rekaman suara orang-orang tertentu untuk selalu mendengarkan REM FM. Hasil rekaman yang sudah dicari oleh divisi News akan diserahkan kepada divisi PH untuk diolah. Sama dengan Greeting, saat mencari Radio Ekspose memerlukan handphone sebagai alat perekam suara. Berikut ini adalah contoh radio ekspose : “Hai Akademia, saya Anies Baswedan. Dengarkan selalu Seratus Tujuh Koma Tujuh Radio Ekspresi Mahasiswa. Viva Akademika !!” Greeting adalah ucapan, dalam hal ini rekaman suara dari orang-orang tertentu dengan ucapan mengenai peristiwa tertentu. Greeting yang sudah didapatkan akan diberikan kepada divisi Production House (PH) dan akan diolah untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam kabin. Hal-hal yang perlu dipersiapkan yaitu handphone sebagai perekam suara dan teks greeting yang sudah dibuat. Mencari greeting dan radio ekspose memang bukan kegiatan yang mudah serta membutuhkan perjuangan lebih karena untuk mendapatkan greeting dan radio ekspose dari orang-orang yang sudah memiliki nama tidak mudah, terkadang dari pihak penyelenggara tidak mengijinkan. Apabila terjadi hal seperti ini maka tim News perlu melobi panitia hingga mendapatkan ijin. Berikut ini adalah contoh greeting. “Hallo Akademia, saya Sujiwo Tejo. Mengucapkan selamat Ulang tahun Republik Indonesia ke-70. Semoga semangat mempertahankan kemerdekaan selalu ada di hati kita. Viva Akademika !!”.

Mading

Pembuatan mading dilaksanakan setiap awal bulan dengan tema menyesesuaikan dengan kegiatan atau peringatan yang ada pada bulan tersebut. Mading diisi dengan artikel, tips dan trik, atau dengan diisi oleh biografi tokoh.

Kunjungan ke Humas UNNES

Kunjungan ini dilakukan setiap minggunya dengan agenda kerjasama dalam hal liputan. Humas memberikan info tentang agenda yang ada di UNNES, dan REM bisa memberitakan hasil liputannya untuk diposting di unnes.ac.id

Team News.

Yuri
Koor Divisi News 2018

Siwi
Anggota
Shin
Anggota

Hinata
Anggota

Risa
Anggota

Himeka
Anggota

Ayaka
Anggota

Mauliana
Anggota

Kumala
Anggota

?
Anggota

?
Anggota

Follow us