Hari Pertama Penyambutan Mahasiswa Baru Unnes 2021 Melalui PKKMB

Hari Pertama Penyambutan Mahasiswa Baru Unnes 2021 Melalui PKKMB

By Divisi News 15 min read
Hari Pertama Penyambutan Mahasiswa Baru Unnes 2021 Melalui PKKMB

Rabu (18/08) – Universitas Negeri Semarang telah mengadakan pelaksaanan hari pertama PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) UNNES 2021. PKKMB UNNES 2021 merupakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang. Dalam kegiatannya, mahasiswa baru akan dikenalkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan dunia perkuliahan. PKKMB ini akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yaitu pada tanggal 18-21 Agustus 2021. Saat ini pandemi masih berlangsung di negeri kita Indonesia, sehingga PKKMB UNNES 2021 ini dilaksanakan secara daring melalui streaming di Youtube resmi UNNES pada pukul 07.30 WIB-Selesai. PKKMB tahun 2021 ini mengusung tema yang sangat menarik yaitu "Sinergi Mahasiswa Unnes menjaga Kebhinekaan untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh". 

PKKMB ini dihadiri oleh Bapak rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., Menteri Pendidikan, Ketua MPR RI, Komjen Pol Purn, Drs. Suhardi Alius, M.H., Maulana Dr. (HC) Habib Lutfi Bin Yahya, Ketua dan Anggota Senat Unnes, Ketua dan anggota Majelis Profesor, Para wakil rector, Ketua Lembaga, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Seluruh Dosen Unnes, Ketua dan Fungsionaris BEM KM, MPM, DPM, Bem Fakultas, dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Acara ini diawali dengan sambutan berupa video profil Unnes, video profil pimpinan Unnes, dan video sambutan dari Bapak rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Dalam sambutan tersebut Bapak Rektor menyampaikan pesan yang mengajak para mahasiswa baru untuk ikut berperan mencapai visi unnes, menciptakan suasana akademik yang kreatif, inovatif, dan produktif serta menjadi insan generasi pembawa air dalam menumbuhkan visi besar unnes berwawasan konservasi dan bereputasi nasional, serta yang terakhir yaitu mewujudkan Unnes gemilang untuk Indonesia tangguh. Kemudian dilanjutkan dengan tampilan video lagu Simfoni Raya Indonesia oleh Fesie Maulida, video testimoni kampus Unnes dari alumni, dan video testimoni kampus Unnes dari mahasiswa.

Serangkaian acara PKKMB daring ini berjalan dengan lancar, acara tersebut antara lain:

1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

2. Mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bapak Rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum.

3. Laporan penerimaan mahasiswa baru oleh wakil rektor bidang akademik

4. Pernyataan penerimaan mahasiswa oleh Bapak rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum.

5. Ikrar mahasiswa baru oleh Hanif Zulfahmi dari jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan

6. Penampilan video lagu Mars Unnes

7.  Doa bersama yang dipimpin oleh Dr. (H.C.) Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Wantimpres Ri)

8. Pemecahan Rekor Lembaga Prestasi Indonesia Dunia. Di sini para mahasiswa baru mengenakan pakaian adat daerah masing – masing agar menunjukkan rasa kebhinekaan yang tergambar dalam beraneka ragam bentuk dan corak daring pakaian adat di setiap daerah dari sabang sampai merauke. Oleh karena itu, Unnes memecahkan rekor Lembaga Prestasi Dunia (LEPRID) “Pakaian Adat Nusantara untuk Merajut Kebhinekaan Serentak Se-Indonesia” secara daring. Apresiasi ini masuk dalam Buku Rekor LEPRID ke-659. Perhargaan juga diberikan kepada Rektor Unnes selaku pemrakarsa dan pendukung berjalannya Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unnes 2021. Tak hanya itu LEPRID juga memberikan piala sebagai apresiasi kepada Universitas Negeri Semarang sebagai simbol prestasi berwawasan konservasi.

9. Sambutan dari Rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Di sini Bapak Rektor menyerukan semangat kepemimpinan bertumbuh dengan Jargon “Saya pemimpin saya bertumbuh” kemudian dilanjut dengan launching Unnes TV.

10. Mutiara inspirasi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

11. Paparan materi inspiratif dari tokoh nasional yaitu Komjen Pol Purn. Drs. Suhardi Alius dengan tema "Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme, Terorisme yang Bertentangan dengan Ideologi Negara.” Pesan yang disampaikan oleh jendral pol.Listyo yaitu “Resonansi kebangsaan yang harus digemparkan kembali bagaimana kita menyikapi sebuah kebangsaan, jika kita berbicara tentang kebangsaan maka harus menggunakan hati. pesan (hidup tidak selalu tentang memiliki, tetapi hidup juga tentang bersyukur dan berbagi.”

12. Persembahan video berupa lagu Berkibarlah Bendera Negeriku oleh Ketua Psm Unnes Rifqi Lisenia Safitri.

13. Materi kedua oleh ketua MPR RI Bambang Soesatyo  dengan tema “Implementasi Nilai Pancasila dan Semangat Kebhinekaan di Era society” Pesan yang disampaikan beliau adalah “Kita sadar kemajuan zaman hadir dengan begitu cepat sehingga jika kita tidak siap kita akan merasa tertinggal oleh lompatan perubahan, kita harus mengedepankan konsep pengetahuan teknologi untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan sosial.”

14. Pengenalan MBKM dan Elena untuk Pkkmb dan project penugasan

15. Persembahan video dari testimoni Unnes oleh tokoh nasional 

16. Penutup.