Kemerdekaan di Masa Pandemi dengan Berkarya, Wujud Euphoria ala Milenial

Kemerdekaan di Masa Pandemi dengan Berkarya, Wujud Euphoria ala Milenial

By Divisi News 9 min read
Kemerdekaan di Masa Pandemi dengan Berkarya, Wujud Euphoria ala Milenial

Halo Akademia!

Gimana nih bulan Agustusnya?

Nah Akademia bukan hal yang asing lagi bukan, jika Agustus adalah bulan yang menarik sekaligus spesial? Ya yang jelas bukan karena nama bulan Agustus merupakan gabungan dari nama Agus dan Gustus loh ya, tapi karena Agustus merupakan bulan dimana Indonesia sedang berulang tahun, nah tepatnya tanggal 17 Agustus. Wih pastinya senang banget ya, dimana di bulan Agustus seluruh warga Indonesia pasti tengah merayakan dengan suka cita, sembari mengingat sejarah perjuangan pendahulu memerdekakan bangsa ini.

Seperti tradisi yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi, perayaan kemerdekaan pada saat 17 Agustus selalu dipersiapkan dengan matang dari awal bulan hingga akhir bulan, bahkan orang dewasa hingga anak-anak, laki dan perempuan selalu antusias menyambut kemerdekaan ini. Biasanya di kampung-kampung pada awal bulan mulai menghias kampung jalan dengan cat, dan pernak-pernik hiasan jalan seperti umbul-umbul, lampu-lampuan hingga membuat mural demi mempercantik kampung. Dipertengahan bulan menjelang kemerdekaan biasanya masyarakat mengadakan lomba-lomba dan juga doa bersama dengan memotong tumpeng sebagai wujud syukur masih bisa menikmati kemerdekaan. Diakhir bulan biasanya masyarakat tetap saja memasang bendera dan bahkan masih ada yang mengadakan lomba-lomba.

Sayangnya, dimasa pandemi ini tidak semua bisa terlaksanakan, karena setiap kegiatan kita dibatasi. Namun hal tersebut seharusnya bukan dijadikan alasan kita nih Akademia sebagai generasi muda, karena merayakan euphoria kemerdekaan dapat kita lakukan melalui karya-karya kan? Nah apalagi sekarang banyak platform media sosial seperti Youtube, Instagram, Tik Tok dan sebagainya yang memudahkan kita sebagai generasi Milenial untuk tetap berkarya di kemerdekaan ini.

Salah satu contohnya yang sedang trending saat ini di Youtube adalah karya dari Youtuber Allfy Rev dan juga Atta Halilintar, keduanya mengeluarkan maha karya berupa musik beserta video yang sangat menonjolkan kekayaan serta nilai nasionalis untuk Indonesia, bahkan karya musik dan juga video tersebut banyak di reaksi oleh warga asing. Selain itu di Instagram banyak sekali yang melakukan tarik tambang online, wujud inovasi lomba-lomba yang tidak bisa dilaksanakan secara nyata. Walaupun dilakukan secara online namun lomba ini tetap memerlukan kekompakan untuk mengumpulkan massa, wah seru sekali bukan? Dan banyak muncul di Tik Tok, para milenial membuat cuplikan video durasi pendek untuk membuat gerakan-gerakan yang khas atas lagu nasionalisme, bahkan semakin totalitasnya banyak milenial merias wajahnya dengan atribut khas Indonesia.

Nah bagaimana akademia, itu tadi merupakan salah satu contoh dari para milenial untuk tetap merakan hari kemerdekaan dimasa pandemi ini ya, nah para akademia bisa banget mencontoh mereka untuk terus berkarya dengan semangat jiwa muda ya, namun perlu diingat lagi sesuaikan dengan ketertarikan dan minat sesuai bidang Akademia untuk tetap berkarya ya!