Divisi News
Penulis
4 min read dibaca 139 kali

Mana Lokasi Favorit Calon Ibu Kota Baru RI?

By Divisi News 4 min read
Mana Lokasi Favorit Calon Ibu Kota Baru RI?
Presiden Joko Widodo baru saja meninjau dua lokasi calon ibu kota baru negara. Kedua lokasi itu adalah ...

Presiden Joko Widodo baru saja meninjau dua lokasi calon ibu kota baru negara. Kedua lokasi itu adalah Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.


Jokowi meninjau dua lokasi tersebut bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Sofyan Djalil dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Basuki mengatakan, Kaltim unggul lewat ketersediaan infrastruktur pendukung yang ada di daerah calon kota baru yang bakal dibangun. Lokasinya di antara Balikpapan dan Samarinda. 


Sementara di Kalteng unggul dari sisi lingkungan. Ketersediaan lahan yang dibutuhkan guna membangun kota baru nanti lebih baik namun lokasinya cukup jauh dari kota eksisting dan infrastruktur pra sarana pendukungnya yang tak lebih lengkap dari Kaltim


Soal isu ketersediaan air bersih, Basuki mengaku kedua lokasi tersebut tak mempunyai persoalan. Saat ini kajian dari sisi sosial, budaya dan politiknya tengah dilakukan untuk kedua lokasi tadi. Presiden juga akan mengunjungi dua lokasi calon ibu kota lainnya yakni Kasel dan Sulbar agar berimbang.


Pemerintah sendiri juga akan menggunakan benchmark melalui studi literatur dari negara-negara yang sudah berhasil memindahkan ibu kotanya. Sedangkan untuk kajian arsitekturalnya, pemerintah akan mengumpulkan para ahli di Indonesia.



(Foto: Macca Sherifi)