Tim Tata Busana UNNES Sukses Tampil di Jogja Fashion Week 2021

Tim Tata Busana UNNES Sukses Tampil di Jogja Fashion Week 2021 dengan mengusung tema Eco Fashion.

By Divisi News 6 min read
Tim Tata Busana UNNES Sukses Tampil di Jogja Fashion Week 2021

Semarang – Jogja Fashion Week 2021 telah diselenggarakan pada tanggal 25-27 November di Museum Nasional Yogyakarta. Di dalam acara ini, kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang tergabung dalam Tim Sekar Ayu berhasil mempertunjukkan desain busana dengan mengusung tema Eco Fashion.

            Sekar Ayu merupakan brand fashion Prodi Tata Busana UNNES. Dalam acara ini, Sekar Ayu berkomitmen mengusung sustainable fashion. Koleksi dibuat atas kolaborasi riset dosen Widowati, Sri Endah Wahyuningsih, Roudlotus Sholikhah, Atika. Selain itu dalam karya ini juga ada sentuhan para mahasiswa yakni Risfani Rahmawati, Faroh Luluatul Afidah, Rahmawati, dan Otaviana Firdayantie. Adapun riset yang dilakukan seperti riset kain ecoprint, tenun, anyaman bambu, dan tali goni dengan teknik macrame sebagai aksesoris. Lalu dalam proses pembuatan karyanya, Tim Sekar Ayu juga mengambil konsep zero waste dan manipulation fabric.

            Di acara JFW 2021, Tim Sekar ayu menampilkan 8 look women’s wear modest fashion yang menarik benang merah antara 1 desain dengan desain lain yaitu sustainable fashion. Purable merupakan konsep nama yang diambil sebagai inspirasi desain. Pureable (pure sustainable) diwujudkan dalam bentuk kain ramah lingkungan. Warna dari koleksi pureable menggunakan warna-warna alam seperti hijau, kuning, merah dan hitam. Warna hijau membawa kesan natural dan menggambarkan ramah lingkungan, warna kuning yang memiliki harapan dan kebahagiaan, warna merah yang memiliki kekuatan dan tekat yang kuat dan terakhir warna hitam yang memberikan kesan elegan dan netral.

            Konsep dari karya Sekar Ayu diharapkan mampu mendorong kreativitas mahasiswa bidang fashion atau industry fashion untuk lebih memikirkan tentang keberlanjutan lingkungan.


Sumber: ppk.unnes.ac.id