Pagelaran Indonesia National Day di Expo 2020 Dubai, UAE

Pagelaran Indonesia National Day di Expo 2020 Dubai, UAE

By Divisi News 13 min read
Pagelaran Indonesia National Day di Expo 2020 Dubai, UAE

Expo 2020 digelar di Al Wasl Plaza, Uni Emirat Arab, pada Kamis (04/11). Dengan tajuk “National Day”, Expo 2020 Dubai menampilkan berbagai negara dengan potensi-potensi hebatnya melalui pagelaran akbar yang dilaksanakan mulai 1 Oktober 2021-31 Maret 2022. Indonesia mendapat giliran untuk tampil pada tanggal 4 November 2021. Pagelaran ini dibuat dengan harapan menghidupkan kembali industri perdagangan, investasi, serta pariwisata yang satu tahun sempat ‘mati’ akibat pandemi COVID-19. Selain itu, juga untuk mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dengan UAE. Menampilkan Lyodra, Ekosdance Company, dan Jember Fashion Carnaval, Indonesia National Day mengusung tema utama sekaligus identitas Indonesia yaitu “Land of Diversity”. 

Diawali dengan upacara pengibaran bendera Indonesia (Sang Saka Merah Putih) dan bendera Uni Emirat Arab. Acara dilanjutkan dengan speech singkat Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, dimana beliau mengatakan “Saat ini, kami sedang membangun fondasi untuk masa depan yang sejahtera dengan mengundang seluruh dunia untuk berdagang, berinvestasi, dan mengunjungi tanah air kami yang indah, Indonesia.” Upacara dilanjutkan dengan kunjungan ke pavilion Indonesia untuk memperlihatkan kekayaan Indonesia dalam bentuk visual. Setelahnya, Presiden Joko Widodo dengan Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, menyaksikan persembahan karya anak bangsa melalui pertunjukkan yang menampilkan potensi dan kekayaan Republik Indonesia. 

Dalam video opening, Joko Widodo sebagai Presiden RI, menegaskan bahwa semakin majunya teknologi dalam kata lain merupakan dunia tanpa batas-era tanpa sekat. Beliau juga mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk membuka semakin banyak peluang dalam bekerja sama demi memajukan dunia. 

Penampilan dengan sub tema yang menarik dan representasiannya yang luar biasa, didukung dengan teknologi LED yang memancarkan visual yang indah, serta permainan lighting membuat keseluruhan rangkaian megah dan menakjubkan. Sub tema pertama adalah “The Land of Diversity” menampilkan tari “Goddess Cak and Bodies” (representasi tari daerah Bali). Sub tema kedua adalah “Land of Majesty” dengan menampilkan tari “Glen of Sundanese” yang merepresentasikan tarian daerah Jawa Barat, “Waters of War” sebagai representasi tari daerah Maluku Utara, tari dengan iringan lagu “Melati Suci” yang digubah oleh Guruh Soekarnoputra, dan tari “Majestic of the Raising Sun” dengan medley lagu Yamko Rambe Yamko – Apuse, sebagai representasi kekayaan budaya dari Papua. Disusul dengan sub tema “Land of Opportunity” yang menampilkan suara emas Lyodra dalam melantunkan lagu Indonesia Pusaka. Ditutup dengan sub tema “Land of Opportunity” yang menampilkan dancing under current dengan gubahan lagu yang menghentak-hentak dan sarat akan pesan ajakan untuk ikut berpartisipasi dalam pertumbuhan Indonesia yang lebih baik dan maju lagi. 

Tak ketinggalan, Indonesia juga menggaungkan “Indonesia : Spice Up The World” dengan tujuan untuk memberi tahu masyarakat dunia bahwa Indonesia siap menyebarkan bumbu dan rempah-rempah ke lebih banyak lagi negara dan menargetkan 4000 restoran Indonesia yang tersebar di mancanegara. Tak hanya itu, Indonesia juga menampilkan berbagai teknologi serta kemajuan industri yang menjanjikan di masa depan yang dipunya dan lagi, mengajak masyarakat atau negara lain untuk bekerjasama.

At last, pertunjukan Indonesia National Day di Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab berlangsung dengan lancar dibawah pimpinan kreatif yaitu Wishnutama. Acaranya dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Setelah rangkaian acara Expo 2020 di Dubai ini berakhir tahun depan, diharapkan dapat menggaet lebih banyak lagi masyarakat domestik-mancanegara dan negara lain untuk sadar dan teredukasi akan kekayaan dan potensi melimpah yang dimiliki Indonesia, serta mau bekerja sama dalam mewujudkannya Indonesia yang semakin maju. 

Jaya terus Indonesia!  

Untuk Akademia yang penasaran dengan keseruan acara Expo 2020 kemarin, bisa langsung menontonnya di youtube channel Sekretariat Presiden. Berikut adalah tautannya https://youtu.be/FpRGu4IUszA

Sumber: youtube Sekretariat Presiden

Foto oleh Biro Humas Kemendag dari https://www.kemendag.go.id/id/photo/indonesia-gelar-national-day-di-expo-2020-dubai