Update Kondisi Pasca Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang

Update Kondisi Pasca Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang

By Divisi News 7 min read

Kamis, (3/2/2022), pasca relokasi Pasar Johar Semarang dilahap si jago merah pada hari Rabu, (2/2/2022) kemarin, BPBD Kota Semarang telah mendapatkan data yang terkumpul terkait jumlah pedagang yang terdampak. Dari data tersebut terkumpul sekitar kurang lebih 1.168 pedagang, terdiri dari para pedagang yang menempati lapak pada Blok E dan F.

Dari total data sementara yang terkumpul sebanyak 1.168 pedagang tersebut, terdiri dari pedagang yang berada di blok E1-E9 sebanyak 602 orang pedagang, dan dari blok F1-F8 sebanyak 602 orang pedagang.

Pasca kebakaran, masih banyak sekali pedagang yang syok karena lapak mereka mencari nafkah luluh lantak dilahap si jago merah. Namun beberapa dari mereka, sejak Kamis pagi tadi sudah ada yang mulai mendatangi lapak mereka untuk mencoba mencari apapun yang masih bisa diselamatkan dari sisa lahapan si jago merah. 

“Harapan saya, karena semuanya habis terbakar, semoga nantinya semua yang terdampak mendapatkan modal untuk berjualan lagi dan mendapatkan tempat yang layak”, ujar Lestari salah satu pedagang yang terdampak kebakaran.

Melihat kondisi di lapangan yang memprihatinkan, Pemerintah Kota Semarang akan mengupayakan secepatnya bisa menyediakan tempat pengganti bagi para pedagang yang terdampak agar bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna menangani permasalahan ini, menggandeng Bank Jateng guna menyediakan pinjaman modal dengan bunga yang berada di bawah pasar untuk meringankan beban dari para pedagang yang terdampak. 

“Tadi kita telah melakukan rapat dengan pihak Bank Jateng di lokasi. Bank Jateng sedang mempersiapkan tentang skema proses penyaluran bantuan modal usaha bagi para pedagang yang terdampak. Kita berharap pinjaman yang ditawarkan ini nantinya dengan bunga yang kecil”, ujar Hendrar Priadi, Wali Kota Semarang.

Pihak Pemerintah Kota Semarang juga berharap, untuk pendataan terkait jumlah pedagang yang terdampak dari kejadian kebakaran ini terus dilakukan. Agar nantinya diketahui jumlah pasti pedagang yang mengalami dampak, dan akan dipersiapkan tempat pengganti sesuai dengan kapasitas pedagang yang terdampak. 

Selain itu, pada Kamis siang, pasukan dari BIDLABFOR POLDA JATENG sudah berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga penyebab dari kebaakaran yang melahap relokasi Pasar Johar Semarang. Pihak yang bersangkutan akan meninjau lebih lanjut terhadap barang bukti yang sudah diamankan tersebut dan akan mengumumkan hasil tinjauannya sesegera mungkin.