Upacara Pembukaan Dies Natalis Ke-57 Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Upacara Pembukaan Dies Natalis Ke-57 Universitas Negeri Semarang (Unnes)

By Divisi News 6 min read
Upacara Pembukaan Dies Natalis Ke-57 Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Selasa, (8/3/2022), Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Upacara Pembukaan Dies Natalis ke-57 Unnes secara daring dan luring terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dengan tema “Unnes Cerdas Untuk Indonesia Emas”. Rangkaian acara dibuka dengan penampilan dari UKM Rebana Modern Unnes yang disusul dengan sambutan Dr. Sholehatul Musthofa, M.A. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial – yang menjadi host Dies Natalis tahun ini. 

Dilanjut oleh rektor Prof. Dr. Fathur Rokhman, M. Hum. yang dalam sambutannya, beliau mengucap rasa syukur serta menyampaikan kabar bahagia mengenai pendaftar SNMPTN ke Unnes mencapai 42.325 dan Unnes yang sedikit demi sedikit bertransformasi dari BLU menjadi PTN Badan Hukum. Hal ini nantinya akan membawa perguruan tinggi tercinta kita menjadi perguruan tinggi yang lebih otonom dalam pengembangan akademik, mengembangkan kapasitas akselerasi Tri Dharma, serta membawa Unnes di tingkat dunia dengan kekhasan pendidikannya yakni Unnes World Class University in Education. 

Beliau juga membahas bagaimana tema acara hari ini merupakan suatu doa dan harapan yang besar untuk masa depan. Dari kata “Unnes Cerdas” sendiri yang mencakup keseluruhan pandangan sikap, dan pilihan hidup didasari dari potensi insani manusia untuk hidup mulia sesuai nilai-nilai luhur, sedangkan “Indonesia Emas” merupakan sebuah metafora untuk menunjukkan sifat segala sesuatu yang berharga dan bernilai nilai. 

Setelah sambutan dari Rektor, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai peresmian, tausiyah dari Habib Naufal Al-Munthohar, dan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh K.H. Munif Muhammad dari Pesantren Giri Kusuma Mranggen, Demak.

Begitulah rangkaian acara pembukaan Dies Natalis Unnes yang diselenggarakan hari ini pada pukul 09.00 WIB tadi. Untuk hari jadinya sendiri masih 30 Maret 2022 mendatang, dan dari ditetapkan mulai tahun ini akan berganti menjadi 8 Juni. Selamat hari jadi Unnes yang ke-57, semoga Unnes semakin banyak melahirkan putra putri bangsa yang berbudi luhur dan berwawasan luas. Apa harapan Akademia untuk Unnes?

#DiesNatalisUnneske57 #UNNES #REMFM #News