FIK Juarai Pertandingan Petanque Unnes

FIK Juarai Pertandingan Petanque Unnes

By Divisi News 5 min read
FIK Juarai Pertandingan Petanque Unnes

Pertandingan petanque yang dimulai sejak 24 Maret kemarin dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-57 Universitas Negeri Semarang (Unnes), kini berakhir dengan  kemenangan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang mengalahkan Pascasarjana di babak final pada Jumat (25/3) di lapangan petanque Unnes.


Pertandingan menjadi menegangkan lantaran poin yang saling kejar, menjadi berimbang 10 poin di menit-menit terakhir. Kemudian berakhir pada 11 poin untuk FIK dan 10 poin untuk Pascasarjana.


"Menegangkan! Olahraga petanque ini mengutamakan ketenangan, keuletan, akurasi, dan tentunya strategi. Kalau buru-buru ya terlihat dari bolanya, arahnya malah ke mana-mana. Dan, uniknya lagi pemain yang poinnya sudah tinggi belum tentu menang, begitu juga sebaliknya," ucap Dwi Gansar Santi Wijayanti, pemain dari FIK.


Pertandingan yang diikuti oleh 8 dosen (sekaligus pemain cadangan) dari tiap-tiap fakultas itu dilakukan secara beregu dengan sistem permainan double man, double women, dan double mix yang dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu.


"Para pemain yang ikut pertandingan petanque Unnes ini juga belum pernah mengikuti kompetisi petanque. Jadi, dalam pertandingan ini tercipta kekuatan yang merata," ucap Dhias Fajar Widia Permana, penanggung jawab kegiatan petanque.


Dhias juga menyatakan kurang lebih dua Minggu atau tiga Minggu sebelum pertandingan, para pemain telah mendapatkan sosialisasi dan pelatihan terkait permainan petanque.


Kemenangan FIK dalam pertandingan petanque ini nantinya akan diakumulasi dengan kemenangan-kemenangan dari pertandingan lain yang akan disebutkan pada puncak Dies Natalis ke-57 Unnes pada 8 Juni 2022.