Beda Syarat Mudik Vs MotoGP Mandalika, Kemenkes Buka Suara

Beda Syarat Mudik Vs MotoGP Mandalika, Kemenkes Buka Suara

By Divisi News 5 min read
Beda Syarat Mudik Vs MotoGP Mandalika, Kemenkes Buka Suara

Semarang—Publik dikejutkan dengan perbedaan syarat mudik lebaran dengan syarat menonton MotoGP yang ternyata jauh berbeda.  Vaksinasi booster dilakukan bagi masyarakat yang hendak mudik Lebaran Idulfitri 2022. Sementara bagi penonton event MotoGP Mandalika, tidak diwajibkan vaksinasi booster.


Mengetahui hal tersebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan alasan pemerintah memberlakukan syarat tersebut. 


"Mobilitas pada saat mudik lebaran lebih masif daripada mobilitas saat MotoGP Mandalika. Mudik melibatkan puluhan juta orang yang memungkinkan penularan Covid-19 lebih tinggi dibandingkan dengan penonton MotoGP yang lebih sedikit," ungkap Siti Nadia Tarmidzi, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dikutip dari siaran pers Kementerian Kesehatan, Jumat (25/3).


Nadia menegaskan, vaksinasi booster dapat meningkatkan kekebalan imunitas masyarakat. Sehingga, ketika masyarakat yang sudah mendapatkan booster terinfeksi Covid-19 setelah melaksanakan mudik lebaran. Risiko terpapar Covid-19 menjadi lebih rendah.


"Maka dari itu vaksinasi booster penting dilakukan untuk membantu mengurangi dampak kesakitan jika tertular Covid-19,'' ucapnya.


Nadia juga menambahkan, risiko yang ditimbulkan dari mudik lebih berbahaya. Mudik sebagai ajang silaturahmi dapat menyebabkan penularan Covid-19 pada orang tua atau lansia di kampung halaman.


''Mari hentikan perdebatan. Tujuan vaksinasi untuk melindungi masyarakat dari kematian akibat Covid-19. Bukan untuk mempersulit mobilitas,'' ucap Nadia.


Sumber: Liputan6.com