Tips Hemat di Bulan Puasa Ala Anak Kost

Tips Hemat di Bulan Puasa Ala Anak Kost

By Divisi News 7 min read
Tips Hemat di Bulan Puasa Ala Anak Kost

Hallo Akademia!! 


Bulan Ramadan udah memasuki minggu ke-2 nih. Bagaimana keuangan Akademia nih, masih aman? Bagi Akademia yang anak kost, bulan Ramadan itu bagaikan pisau bermata dua lho. Kalau Akademia bisa mengatur keuangan dengan baik, tentu akan semakin hemat. Tetapi, jika Akademia sering lapar mata tentu saja akan membuat keuangan berantakan. 

Agar keuangan tidak semakin membengkak, Akademia harus tahu, nih. Tips hemat saat bulan puasa untuk anak kost. Yuk intip beberapa tipsnya! 

1. Membuat jadwal menu yang ingin dimakan

Biasanya kita sering kalap waktu membeli menu berbuka puasa. Oleh karena itu, Akademia harus membuat jadwal menu makanan untuk berbuka dan sahur satu minggu atau tiga hari ke depan.

2. Makanan sahur = makanan berbuka 

Sering kali orang-orang akan membedakan makanan yang disantap saat sahur dan berbuka. Dengan alasan agar tidak bosan. Namun, perlu disadari hal itu akan menjadikan keuangan membengkak. Untuk menyiasati hal tersebut, Akademia bisa menyantap menu makanan sahur yang sama dengan makanan berbuka puasa. Syaratnya dengan memilih menu makanan yang tahan basi seperti ayam goreng, rendang, dan sebagainya.

3. Memasak makanan sendiri

Memasak sendiri dapat dilakukan untuk menghemat di bulan puasa. Dengan memasak sendiri, Akademia bisa memangkas budget makanan hingga 50%. Selain hemat, memasak makanan sendiri juga lebih higenis  dan dibuat sesuai selera sendiri.

4. Manfaatkan promo diskon Ramadan

Siapa sih yang nggak suka promo dan diskon? Dengan promo dan diskon tentu akan lebih hemat. Akademia bisa nih, ajakin pacar, teman untuk ikut belanja dengan promo agar lebih hemat. Misalnya, untuk promo “Beli 2 Gratis 1”, maka kamu bisa mengajak dua temanmu untuk ikutan promo. Eits, tapi kamu perlu juga membatasi berbelanja dengan promo diskon. Jangan sampai semakin boros dengan alasan “sayang sedang diskon”, ah.

5. Jangan berlebihan!

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hindarilah lapar mata saat berbelanja menu berbuka puasa. Perlu diingat berpuasa adalah ajang menahan hawa dan nafsu, termasuk nafsu untuk berlebih-lebihan.


Jadi, buat Akademia gimana nih apakah udah menerapkan beberapa tips di atas? Atau dari Akademia ada tips sendiri nih? Yuk share di kolom komentar yaa!! 


Sumber: rukita.com