Berbagai Olahraga Ringan untuk Mahasiswa Super Sibuk

Berbagai Olahraga Ringan untuk Mahasiswa Super Sibuk

By Divisi News 10 min read
Berbagai Olahraga Ringan untuk Mahasiswa Super Sibuk


Akademia tahu ngga sih, kegiatan olahraga adalah salah satu kegiatan yang dapat menunjang kesehatan? 


Tetapi tanpa disadari, kita sering mengabaikan kegiatan olahraga. Apalagi nih, bagi mahasiswa seperti Akademia yang super sibuk. Alasannya karena tidak memiliki banyak waktu, sering menganggap olahraga sebagai kegiatan yang melelahkan dan lebih memilih untuk berdiam diri di kos atau dirumah. Padahal olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah untuk menjaga berat badan, mencegah berbagai macam penyakit, membuat tubuh sehat dan bugar, dan lain sebagainya. Tanpa berolahraga, tubuh kita akan mudah lemas dan gampang terserang penyakit loh, Akademia. Pasti Akademia tidak mau kan sakit di tengah-tengah banyaknya tugas dan kegiatan yang harus di lakukan?


Nah, Akademia tidak perlu khawatir lagi, nih. Karena sebetulnya, mahasiswa tetap bisa melakukan olahraga di sela-sela kesibukannya, loh. Karena sebenarnya olahraga itu dapat dilakukan tidak harus dengan yang berat dan mahal. Minimal ada aktivitas fisik sederhana yang dilakukan setiap hari, itu sudah bisa dikatakan melakukan olahraga. Gimana nih, Akademia sudah membiasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik yang mengarah pada olahraga belum? Jika belum, segera lakukan yaa!



Nah, berikut ini adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan mahasiswa di tengah kesibukan kamu nih, Akademia.

1. Jalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga aerobik yang meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan membantu melatih paru-paru. Mahasiswa yang super sibuk pada saat berkuliah offline tentu saja sering moving ke berbagai tempat. Misalnya dari kos ke kampus, dari fakultas ke fakultas lain dan sebagainya. Nah, jika Akademia moving ke berbagai tempat inilah sebisa mungkin ditempuh dengan cara jalan kaki ya, karena jalan kaki adalah bagian dari olahraga ringan.

2. Naik turun tangga

Mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan di kampus biasannya sering menghampiri ruangan–ruangan yang berada di lantai atas untuk kepentingan tertentu. Nah, bila tidak terburu-buru daripada menggunakan fasilitas lift atau eskalator lebih baik mahasiswa menuju gedung/ruangan tersebut dengan cara menaiki tangga yang ada. Jadi, membiasakan naik tangga di kampuspun menjadi olahraga ringan serta praktis yang dapat dilakukan di tengah kesibukan para mahasiswa. 

3. Bersepeda

Bersepeda termasuk ke dalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Setiap kampus biasanya memberikan fasilitas sepeda kampus untuk seluruh civitas akademiknya. Nah, buat Akademia yang ga mau jalan kaki untuk olahraga jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berkeliling ke kampus karena bersepeda juga termasuk olahraga ringan yang mudah dilakukan.

4. Joging

Joging adalah satu bentuk berlari yang dilakukan dengan kecepatan lambat atau santai. Biasanya area kampus sangat luas dan ramah dengen pejalan kaki. Nah, Akademia bisa menyempatkan sedikit waktu untuk berjoging di waktu pagi atau sore hari saat libur kuliah. Mahasiswa biasanya melakukan jogging di jalan sekitar kampus dan dalam kampus. Supaya jogingnya lebih bersemangat, Akademua juga bisa nih ajak doi atau teman dekat untuk joging Bersama.


Oke Akademia, itu dia beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan di tengah kesibukan kita sebagai mahasiswa. Kita sebagai mahasiswa harus bisa mengatur waktu kita dengan baik, sisihkan sedikit waktu untuk berolahraga yaa!

Jangan biarkan kesibukanmu membuatmu jatuh sakit ya, Akademia.


Sumber : http://kagama.com