SEA Games Pesta Olahraga Pertama setelah Pandemi

SEA Games Pesta Olahraga Pertama setelah Pandemi

By Divisi News 6 min read
SEA Games Pesta Olahraga Pertama setelah Pandemi

Seiring dengan meredanya pandemi covid-19 di dunia, berbagai negara mulai memulihkan kembali sektor-sektor pemerintahan seperti sediakala. Tak terkecuali pada sektor olahraga yang salah satunya adalah pesta olahraga antar bangsa-bangsa di Asia Tenggara atau yang lebih dikenal dengan Sea Games. Sempat tertunda akibat pandemi, pesta olahraga Sea Games 2021 kembali digelar pada tahun 2022 ini dengan Vietnam sebagai tuan rumah. Acara ini resmi dibuka dan dimulai di stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam pada tanggal 12 Mei 2022, Kamis malam.

            Perhelatan pesta olahraga yang diikuti oleh 10 ribu atlet dari 11 negara Asia Tenggara ini mengusung tema For a Stronger South East Asia. Acara pembukaannya begitu meriah dengan berbagai atraksi dan pertunjukkan baik dari tuan rumah maupun dari negara-negara peserta. Dalam acara yang diselenggarakan mulai dari tanggal 12 sampai 22 Mei 2022 ini ada sebanyak 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

            Pada tahun ini, Indonesia mengirimkan sekitar 499 putra-putri terbaik bangsa untuk bertanding pada ajang olahraga bergengsi di Asia Tenggara ini. Para atlet tersebut akan bertanding pada 32 cabang olahraga dari 40 cabang olahraga yang ada. Dikarenakan pandemi belum benar-benar usai, Sea Games Vietnam 2021 diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keamanan dan kenyamanan berbagai pihak.

            Hingga pesta olahraga Asia Tenggara ini resmi ditutup pada Senin malam, 23 Mei 2022, Indonesia berhasil meraih kedudukan di peringkat ketiga dengan perolehan medali sebanyak 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Salah satu prestasi baru yang membanggakan dari para atlet  Indonesia tersebut yakni untuk pertama kalinya dalam sejarah perbasketan Indonesia, tim nasional basket putra Indonesia berhasil meraih medali emas. Keberhasilan tim basket putra itu diraih setelah berhasil mengalahkan tim basket Filipina yang selalu menjadi langganan juara selama 13 tahun terakhir ajang Sea Games diadakan.

Sumber : https://youtu.be/ebW0grNu5d8