Upacara Hari Lahir Pancasila

Upacara Hari Lahir Pancasila

By Divisi News 6 min read
Upacara Hari Lahir Pancasila

Rabu (01/06/22) telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Upacara pada tahun ini merupakan kali pertama dan menjadi sejarah baru di mana upacara kenegaraan dipusatkan di Ende, karena pada biasanya upacara kenegaraan selalu dilaksanakan di Gedung Pancasila, Jakarta.


Upacara dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dikomandani  oleh Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang merupakan Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana. Upacara Hari Lahir Pancasila diikuti oleh Tentara Nasional Indonesia , Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komite Nasional Pemuda Indonesiaa, Tenaga Kesehatan, Purna Paskibraka Indonesia, Pramuka, dan Pelajar. Dalam upacara kali ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo akan membacakan Pancasila, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederick membacakan naskah Undang Undang Dasar 1945, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membacakan doa.


Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan kepada seluruh anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila telah mempersatukan dan menjadi bintang penuntun bagi Indonesia. Bangsa dan negara Indonesia bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena berlandaskan pada Pancasila. Oleh karena itu, seluruh masyarakat Indonesia harus mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan, dan tata kelola pemerintahan. Presiden Jokowi Dodo juga mengajak seluruh pemimpin bangsa untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan dan Indonesia maju.