Upacara Pengukuhan Profesor Hari Kedua

Upacara Pengukuhan Profesor Hari Kedua

By Divisi News 9 min read
Upacara Pengukuhan Profesor Hari Kedua

Upacara pengukuhan profesor hari kedua, telah resmi dilaksanakan pada Jum’at, 10 Juni 2022 bertempat di Gedung Prof.Wuryanto (Auditorium) Unnes. Dalam upacara pengukuhan profesor ini, terdapat tiga profesor yang akan dikukuhkan, diantaranya yaitu Prof. Dr. Kardoyo, M.Pd. selaku Profesor Bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, selanjutnya ada Prof. Dr. Widi Astuti, S.T., M.T. selaku Profesor Bidang Ilmu Teknik Kimia, Fakultas Teknik, dan yang terakhir ada Prof. Dr. Woro Sumarni, M.Si. selaku Profesor Bidang Ilmu Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Dalam upacara pengukuhan ini, dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (Wakil Rektor II) UNNES yakni Bapak Prof. Dr. S. Martono, M.Si mengenai Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi mengenai pengangkatan ketiga professor tersebut terhitung dari tanggal 01 maret 2022. Dalam acara ini pula, ketiga professor tersebut melakukan orasi ilmiah yaitu Prof. Dr. Kardoyo, M.Pd. mengusung tema “Model Kualitas Pelayanan : Penggerak Kepuasan Pelanggan Pendidikan”, Prof. Dr. Widi Astuti, S.T. M.T. mengsung tema “Adsorbsi dalam Pengelolaan Limbah Cair Industry” dan Prof. Dr. Woro Sumarni, M.Si. Dengan usungan tema “PJBL-ETHNO-STEM Inovasi Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan abad 21 dan Karakter Konservasi Mahasiswa”. Ketiga tema yang diambil merupakan suatu gagasan baru yang luar biasa, harapannya dapat menjadi pedoman serta acuan bagi para civitas akademi dalam menyongsong masa depan yang cemerlang.

“Ketiga professor yang telah dikukuhkan ini juga kemudian diharapkan dapat menerapkan konsep Ki Hajar Dewantara yang telah familiar di kalangan masyarakat. Para professor tersebut diharapkan dapat menjadi garda terdepan yang mampu menginspirasi mahasiswa, kolega, dan ilmuwan lainnya dalam berkembang, dapat pula berada ditengah dan saling merangkul bersama mahasiswa dan tenaga pendidik lainnya menuju kecermelangan yang ada, serta dibelakang untuk mendorong mahasiswa agar berprestasi, berinovasi, dan juga agar lekas menyelesaikan studi dan mengamalkan setiap ilmu yang telah didapatkan selama di perguruan tinggi.” Ucap Prof. Fathur selaku rektor dalam pidato sambutannya.

“Hadirnya para professor baru bagi perfuruan tinggi merupakan suatu sinar yang amat terang yang berpotensi untuk menambah kecemerlangan perguruang tinggi, tidak terkecuali pula dnegan Unnes. Hal ini mengingat para professor merupakan pilar kokoh yang mendukung semakin kokohnya Universitas Negeri Semarang sebagai rumah ilmu pengembang peradaban yang unggul”. Tambah Prof. Fathur dalam sambutannya.

Upacara pengukuhan ini juga diramaikan dengan penampilan apik dari Keysa Difa selaku Mahasiswi Seni Musik yang membawakan lagu “Kan Kukejar Mimpi” dan “The Power of Love”. Acara pengukuhan ini kemudian ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Prof. Dr. Muh Hafidz, M.Si.