PPDB SMA Tahun 2022

PPDB SMA Tahun 2022

By Divisi News 6 min read
PPDB SMA Tahun 2022

 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK se-Jawa Tengah telah dimulai yang berlangsung pada periode 15 Juni- 7 Juli 2022. Terdapat beberapa tahap dalam PPDB tahun ini. Yang pertama calon peserta didik menginput data pribadi dalam sistem aplikasi PPDB. Setelah melakukan penginputan calon peserta didik datang ke sekolah yang dituju untuk melakukan verifikasi berkas untuk memperoleh token guna melakukan pendaftaran. Calon Peserta Didik yang telah melakukan pendaftaran secara daring akan memperoleh nomor pendaftaran. Setelah itu, calon peserta didik dapat melihat jurnal dan hasil seleksi pada sistem aplikasi PPDB dengan nomor pendaftaran peserta PPDB.

Saat ini proses PPDB telah berada pada tahap verifikasi berkas sesuai dengan jalur yang dipilih. Dalam proses verifikasi calon peserta didik diwajibkan membawa berkas berkas seperti Rapor semester 1-5, Ijazah/Surat Keterangan Lulus, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), serta tambahan berkas berkas lain sesuai dengan jalur yang dipilih. Terdapat 5 jalur untuk mendaftar di SMA, antara lain Jalur Zonasi, Zonasi Khusus, Afirmasi, Perpindahan Orang Tua, dan Prestasi.

Salah satu sekolah yang melaksanakan PPDB adalah SMA Negeri 3 Semarang. Proses PPDB di SMA Negeri 3 Semarang berlangsung ramai. Banyak calon peserta didik serta orang tua menuju ke SMA Negeri 3 Semarang untuk melakukan verifikasi berkas pendaftaran. Dalam proses verifikasi berkas di SMA Negeri 3 Semarang terdapat beberapa pos yaitu yang pertama pos pengambilan nomor antrian dari pukul 8 pagi hingga pukul 1 siang. Untuk waktu pelayanan verifikasi melayani hingga antrian selesai hingga pukul 3 sore. yang kedua pos pengujian piagam dan prestasi, pada pos ini para calon peserta didik yang mendaftar pada jalur prestasi dilakukan pengujian pada piagam yang dilampirkan. Terdapat berbagai macam pengujian, seperti pengujian olahraga basket melakukan dribbling dan shooting, pengujian musik dengan memainkan alat musik, serta pengujian piagam olimpiade. Pos yang ketiga adalah pos verifikasi berkas. Pada hari 1-3 terdapat 5 loket. Namun pada hari Senin tanggal 20 Juni 2022 terjadi peningkatan calon peserta didik yang melakukan verifikasi yang mengakibatkan penambahan .