Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022 Berlangsung Meriah

Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022 Berlangsung Meriah

By Divisi News 9 min read
Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022 Berlangsung Meriah

Kemarin, Sabtu, (31/7/2022), telah berlangsung dengan sukses Opening Ceremony ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022. Acara ini diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo (Surakarta), Jawa Tengah, dengan mengusung tema "Striving for Equality" atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan, "Berjuang untuk Kesetaraan". 


ASEAN Para Games adalah Event multi-olahraga dua tahunan yang diadakan setelah Pesta ASEAN Games yang melibatkan atlet penyandang cacat dari 11 negara Asia. 11 negara Asia yang mengikuti event ini yaitu Thailand, Vietnam, Kamboja, Filiphina, Malaysia, Myanmar, Singapura, Laos, Timor Leste, Brunei Darussalam dan Indonesia. Pada APG 2022 ini merupakan tahun kedua Solo dijadikan sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games setelah tahun 2011 lalu. 


Dalam Opening Ceremony kali ini, dihadiri oleh K. H. Ma'ruf Amin, selaku Wakil Presiden Indonesia, Ganjar Pranowo, selaku Gubernur Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka, selaku Wali Kota Surakarta, dan petinggi lainnya selaku tamu undangan. Selain tamu undangan, acara ini juga dihadiri oleh kurang lebih 6 ribu penonton dari masyarakat umum. Yangmana kali ini masyarakat umum dipersilahkan untuk menonton secara gratis. Dengan syarat penonton yang hadir minimal sudah melakukan vaksin dosis ke-3 (Booster). 


Acara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh Putri Ariani. Dilanjutkan pembukaan dengan secara resmi event APG 2022 oleh K. H. Ma'ruf Amin, selaku Wakil Presiden Indonesia. Yangmana selesai menyampaikan sambutannya, beliau mengacungkan keris sebagai simbolik pembukaan ASEAN Para Games 2022. Disusul dengan munculnya maskot APG 2022 bernama Rajamala dari dalam cangkang merah putih. Rajamala ini jika disebut dalam bahasa Jawa adalah Rojomolo yang diambil dari cerita pewayangan. 


Pada APG 2022 ini, Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengirimkan atletnya, yaitu sebanyak 324 atlet. Yangmana harapannya kali ini Indonesia bisa meraih gelar Juara Umum dengan target meraih sebanyak kurang lebih 96 medali emas. Target terbanyak adalah dihasilkan dari cabor para atletik, yaitu 35 medali emas. Sedangkan sisanya dari cabor lain, yaitu para renang 27 medali, para tenis 12 medali, para catur 10 medali, para badminton 6 medali dan para angkat berat juga 6 medali. 


Penyelenggaraan APG 2022 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan pada tahun ini terdapat beberapa cabang olahraga yang ditiadakan, salah satunya adalah cabor Para Cycling. Sehingga, ditahun ini hanya menyisakan 14 cabang olahraga dan tempat berlangsungnyapun berbeda-beda, yaitu para archery (Kota Barat Stadium), para athletics (Stadion Manahan), para badminton (Edutorium UMS), para boccia (Gor FKOR UNS), para chess (Lorin Dwangsa Hotel Solo), sepak bola cp (Stadion UNS), goalball (Gor UNS Kentingan), judo (Tirtonadi Convention Hall), para angkat berat (Hotel Solo Paragon), renang (Jatidiri Swimming Center Semarang), para tenis meja (Solo Techno Park), para voli duduk (GOR UTP), para Basket (GOR Sritex), dan para tenis lapangan (Gelora Manahan Tenis Center).