Judulnya Wisata Baru Semarang: Pasar Apung Banjir Kanal Barat dengan Segala Keunikannya

Judulnya Wisata Baru Semarang: Pasar Apung Banjir Kanal Barat dengan Segala Keunikannya

By Divisi News 8 min read
Judulnya Wisata Baru Semarang: Pasar Apung Banjir Kanal Barat dengan Segala Keunikannya

Semarang - Pemkot Semarang kembali membuka wisata untuk mempromosikan produk UMKM unggulan dari beberapa wilayah di kota Semarang. Kali ini bertemakan wisata pasar apung. Warga sangat antusias dengan adanya Pasar Apung Banjir Kanal Barat ini. Pembukaan Pasar Apung pada hari Minggu (14/8/2022).


Event seperti adanya pasar apung ini tak lain dan tak bukan untuk membantu para pedagang UMKM, membantu para nelayan dalam menyewakan usaha perahunya, juga bisa dijadikan sebagai salah satu jembatan dalam mempromosikan spot wisata di Semarang yang dimana harapannya bisa menjadi tempat wisata yang semakin berkembang sebagaimana tempat wisata yang lain.

“Jadi ya alhamdulillah, upaya kita untuk bisa menciptakan ekonomi yang lebih baik kemudian UMKM nya yang dapat semakin berkembang, dan tujuan terakhir pastinya berharap tempat ini bisa menjadi kegiatan yang rutin dan menarik, wisatawan nya juga pasti akan meningkat. Target kami sampai akhir taun ya paling tidak satu bulan ada empat kali setiap akhir minggu dan event ini bisa dilihat oleh teman-teman yang akan datang ke Semarang, mereka punya perkiraan kalau datang ke Semarang weekend agendanya ini ini ini. Makanya saya berharap di event ini setiap akhir pekan bisa diadakan di Kota Semarang,” terang Hedrar Prihadi


Banyak variasi produk yang dijual di Pasar Apung BKB ini mulai dari produk makanan, minuman, dan cendera mata. Sesuai namanya para pedagang menjajakan produk mereka diatas perahu yang telah disediakan. Pengunjung juga akan dibawa berkeliling pasar dengan perahu. Untuk menaiki perahu yang telah disediakan, pengunjung tidak dipungut biaya apapun hanya saja perlu mengantre untuk mendapatkan nomor giliran naik perahu. 


Winda salah satu pedagang yang menjajankan nasi pecel mengaku senang dengan adanya event pasar apung ini. "Pertama kali saya deg degan mau naik perahu ini, agak takut - takut gimana gitu, tapi lama lama kalo sudah ditempati kok ternyata aman, suasananya juga beda jadi pengunjung banyak yang tertarik untuk belanja di pasar apung ini" ujarnya.


Banyak dari UMKM perwakilan tiap kelurahannya yang merasa sangat diuntungkan dengan adanya inovasi pasar apung ini dari pemerintah. Namun, beberapa dari mereka berharap semaraknya pasar apung tersebut dapat ditambah dengan berbagai permainan anak-anak juga yang berkaitan dengan air dan bukan hanya sekadar menjajakan dagangan para penjual maupun penyewaan perahu agar event yang diselenggarakan menjadi lebih menarik.


“Tapi seumpama lebih menariknya lagi kalo pengunjungnya itu seperti diberikan mainan-mainan khusus untuk anak-anak juga yang ada kaitannya sama air jadi juga akan menambah banyaknya pengunjung yang datang , kalo semisal tambah ramai kan daya beli ke kita juga bisa tambah naik,” tambah Yuli (salah seorang pedagang wingko babat) .