Resmi Sudah Unnes Menjadi PTN-BH!

Resmi Sudah Unnes Menjadi PTN-BH!

By Divisi News 4 min read
Resmi Sudah Unnes Menjadi PTN-BH!



Hai Akademia, sudah tahu belum kalau UNNES beralih status menjadi PTB-BH di tahun 2022? Kalau belum tahu, simak berita berikut ini yuk!


Melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 36 Tahun 2022, per tanggal 20 Oktober 2022, Universitas Negeri Semarang resmi beralih status dari PTN-BLU (Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum) menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Badan Hukum). Status ini tidak hanya diberikan untuk UNNES saja, tetapi juga untuk perguruan tinggi lain seperti UNY, ITB, IPB, Unpad, UI, UGM, dan lainnya. Namun sebenarnya PTN-BH itu apa ya, Akademia? 


Jadi PTN-BH merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah dengan status badan hukum yang otonom. Artinya perguruan tinggi tersebut lebih memiliki kebebasan dalam mengatur segala regulasi baik akademik maupun non akademik. Dengan status tersebut, suatu perguruan tinggi juga bebas mengatur aset dan pengelolaan keuangannya lho, Akademia! Selain itu, perguruan tinggi yang ditunjuk juga akan mendapatkan keuntungan berupa kebijakan Dana Abadi Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek pada 26 Juli 2022 lalu serta diberikan kebebasan dalam membuka atau menutup prodi-prodi di dalamnya. 


Harapannya dengan status baru ini, Universitas Negeri Semarang dapat lebih menjaga, mengelola, dan menambah sarana dan prasarana demi berlangsungnya kegiatan belajar mengajar ya, Akademia. Kalau menurut Akademia sendiri bagaimana? Apa kesan dan pesan untuk kampus konservasi tercinta kita yang baru saja menyandang gelar baru?