Akademia tahu ngga sih apa itu G20

Akademia tahu ngga sih apa itu G20

By Divisi News 5 min read
Akademia tahu ngga sih apa itu G20

Hallo Akademiaa!! 


Akademia pasti sudah tidak asingkan dengan agenda pelaksanaan KTT G20 di Bali kemarin? Yangmana Indonesia selaku tuan rumah pelaksanaan KTT G20 tahun ini. 


Nah, mungkin buat Akademia yang masih bingung dengan konsep kegiatan G20 itu apa, yuk simak penjelasannya di bawah ini! 


G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.


Pertemuan itu terdiri atas tiga tingkat, yaitu.

1. Kelompok kerja (working group)

Acara ini dihadiri oleh perwakilan para ahli dari tiap negara anggota dengan tujuan untuk membahas isu-isu spesifik yang terkait dengan agenda G20 yang lebih luas, yang kemudian dimasukkan ke dalam segmen kementerian dan akhirnya KTT.


2. Pertemuan tingkat menteri dan deputi

Acara ini dihadiri oleh para menteri keuangan, gubernur bank sentral, hingga deputi dari masing-masing negara anggota.


3. KTT G20 (Leaders' Summit)

Acara ini dihadiri oleh kepala negara atau kepala pemerintahan dari tiap anggota G20. Singkatnya, ini merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian pertemuan G20 selama setahun periode presidensi. 


Jadi, agenda yang dilaksanakan kemarin di Bali itu merupakan bentuk acara puncak dari serangkaian kegiatan G20 ini. Yangmana dihadiri oleh 17 belas pemimpin negara yang termasuk anggota dari G20. 


Nah, jadi gimana Akademia, apakah sudah paham dengan konsep kegiatan G20? Semoga bermanfaat ya informasi kali ini! 


Sumber : cnnindonesia


#OWON #OneWeekOneNews