Pengukuhan Empat Guru Besar Unnes

Pengukuhan Empat Guru Besar Unnes

By Divisi News 8 min read
Pengukuhan Empat Guru Besar Unnes

Universitas Negeri Semarang telah menambah empat daftar guru besar yang terdiri dari empat fakultas berbeda. Keempat guru besar ini telah melakukan pengukuhan yang dilaksanakan pada hari Selasa, (7/2), kemarin. Pengukuhan ini ditandai dengan sidang terbuka senat akademik yang diselenggarakan di Gedung Auditorium Prof. Wuryanto UNNES.


Pengukuhan empat profesor baru ini telah menambahkan jumlah guru besar yang dimiliki Unnes, semula berjumlah 92 menjadi 96 orang guru besar. 


Pengukuhan kali ini dilakukan kepada empat guru besar yakni Prof. Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd. dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Manajemen Mutu Pendidikan Sejarah, Prof. Dr. Henny Setyawati M.Si. dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebagai guru besar dalam bidang Imu Psikologi Olahraga, Prof. Dr. Parmin S.Pd., M.Pd. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Pengembangan Calon Guru IPA Profesional dan Prof. Samsudin Anis S.T, M.T, Ph,D. dari Fakultas Teknik (FT) sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Termodinamika.


Prof. Dr. S Martono M.Si., selaku Rektor Universitas Negeri Semarang menyampaikan sambutannya dalam pengukuhan ini.

"Keberadaan para profesor yang memiliki prestasi cemerlang akan membuat Unnes semakin tangguh sebagai perguruan tinggi berkelas dunia dan pelopor kecermelangan pendidikan yang berwawasan konservasi", pungkas beliau dalam sambutannya. 


Rektor juga menambahkan, akan bertambah banyaknya program studi yang terdapat pakar dan subdisiplin yang berbeda di dalamnya. Sehingga, dengan potensi itulah Unnes akan mampu bertransformasi menjadi perguruan tinggi berkelas dunia dan pelopor kecemerlangan pendidikan yang berwawasan konservasi.


Dalam pengukuhan ini, setiap guru besar diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiahnya. Yang mana Prof. Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd., memaparkan orasi ilmiah dengan judul "Manajemen pendidikan memungkinkan kinerja akademik dapat dilaksanakan secara sistematis, kreatif, dan berkelanjutan".


Prof. Dr. Henny Setyawati M.Si., dengan orasi ilmiah berjudul "Aspek Psikologis dan Performa Atlet".


Prof. Dr. Parmin S.Pd., M.Pd. menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Pengembangan Calon Guru IPA Profesional". Dalam orasinya beliau menyampaikan bahwa "Kekuatan utama penyiapan calon guru IPA adalah penguasan konten, keterampilan laboratorium dan keterampilan mengajar yang adaptif, dibutuhkan pula strategi pembelajaran yang terpadu".


Sedangkan orasi terakhir dipaparkan oleh Prof. Samsudin Ani S.T, M.T Ph.D., dengan judul "Peran Termodinamika dalam Penyediaan Energi Terbarukan dan Air Minum dari Udara".