Sederet Fakta Unik SEA Games 2023 Kamboja, Nomor 9 Bikin Panik!!

Sederet Fakta Unik SEA Games 2023 Kamboja, Nomor 9 Bikin Panik!!

By Divisi News 26 min read
Sederet Fakta Unik SEA Games 2023 Kamboja, Nomor 9 Bikin Panik!!


            Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games telah mulai tepatnya pada hari Jumat, (5/5/2023) dan akan berakhir pada hari Rabu, (17/5/2023) yang bertempat di Phnom Penh, Kamboja. Setelah pada tahun 1963 SEA Games dibatalkan karena situasi politik di negara Khmer tersebut, tahun 2023 menjadi kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah sepanjang history SEA Games.

            Diikuti oleh 6.210 atlet dari 11 negara, para peserta bersaing menjadi yang terbaik dalam 36 cabang olahraga yang dipertandingkan pada tahun ini. Tentunya di balik kemeriahan dan persaingan para atlet internasional untuk meraih medali pada SEA Games 2023, terdapat sejumlah fakta atau kejadian menarik yang berbeda dari SEA Games tahun sebelumnya.

            Apa saja fakta uniknya? Simak yuk ulasan berikut

<!--[if !supportLists]-->1.    <!--[endif]-->Kamboja menjadi tuan rumah yang pertama kali di SEA Games 2023

SEA Games kita ketahui bersama merupakan salah satu event terbesar dalam bidang olahraga di Asia Tenggara yang diadakan 2 tahun sekali dan kali pertamanya Thailand menjadi tuan rumah di tahun 1959.

Sejak gelarannya yang pertama ini, pada tahun 1963 Kamboja sempat terpilih menjadi tuan rumah SEA Games tetapi kemudian mengundurkan diri karena adanya masalah politik dalam negeri. Namun akhirnya, setelah penantian panjangnya, ditahun ini Kamboja mendapat giliran menjadi tuan rumah di SEA Games 2023.

 

<!--[if !supportLists]-->2.    <!--[endif]-->Diadakan di 5 kota besar Kamboja

Dalam rangkaian acaranya untuk menyambut para tamu, Kamboja menyiapkan lokasi pertandingan di 5 kota besar mereka yaitu Phnom Penh, Siem Reap, Sihanoukville, Kampot, dan Kep.

 

<!--[if !supportLists]-->3.    <!--[endif]-->Ada 4 cabang olahraga baru

Cukup berbeda dengan tahun sebelumnya, pada pesra olahraga kali ini, Kamboja menghadrikan 4 cabang olahraga baru yang terdiri dari 3 olahraga tradisional seperti Kun Khmer, Kun Botakor, dan Ok Chaktrong serta 1 olahraga umum yaitu Jet Ski.

 

<!--[if !supportLists]-->4.    <!--[endif]-->Tiket penonton gratis di semua venue

Pada tahun ini, panitia penyelenggara SEA Games Kamboja (CAMSOC) tidak memungut biaya tiket sepeserpun ke semua venue pertandingan alias gratis bagi masyarakat umum, termasuk saat upacara opening dan closing SEA Games ke-32 dan Para Games ke-12.

Kebijakan ini diadakan pemerintah Kamboja guna diharapkan warganya menjadi lebih banyak yang datang ke stadion untuk memberikan support kepada atlet tuan rumah yang sedang bertanding.

Tiket gratis ini juga berlaku bagi pendukung dari negara lain atau tamu internasional. Apabila dibandingkan dengan pelaksanaan SEA Games 2011 di Jakarta-Palembang, saat ini tiket penonton dibandrol cukup tinggi, untuk pertandingan sepakbola di Stadion GBK paling rendah Rp150.000 dan VIP Rp500.000.

Sementara di Thailand pada SEA Games 2021 lalu, harga tikert paling rendah sebesar 400 ribu WND atau setara dengan Rp250.000.

 

<!--[if !supportLists]-->5.    <!--[endif]-->Atlet Thailad ramah lingkungan

Dikatakan ramah lingkungan karena seluruh atlet dari Thailad yang tampil di SEA Games 2023 ini mengenakan seragam yang diproduksi menggunakan botol plastic daur ulang. Setiap style pakaian disesuaikan dengan cabang olahraga dan atlet yang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan.

 “Seragam dari bahan botol plastic daur ulang ini untuk mempromosikan kesadaran perihal perubahan iklim dan mengurangi limbah”. Tutur Direktur Manajer Grand Sport, Thiti Pluckchaoom.

 

<!--[if !supportLists]-->6.    <!--[endif]-->Penggunaan kursi plastik di ruang ganti pemain

Stadion Nasional Kamboja di Phnom Penh merupakan salah satu stadion terbaik yang dimiliki oleh Kamboja. Namun ternyata fasilitasnya masih jauh dari kata memuaskan. Salah satu fasilitas yang diberikan stadion tersebut yakni masih menggunakan kursi plastic di ruang ganti pemain. Sementara itu, jersey pemain hanya dibarikan di loker lengkap dengan kursi yang reprsentatif. Hal ini diketahui dari unggahan akun twitter @PSSI sebelum pertandingan Indonesia melawan Timor Lester pada Minggu (8/5/2023).

 

<!--[if !supportLists]-->7.    <!--[endif]-->Satu negara tidak boleh memborong mendali

Dalam aturan SEA Games Federation (SEAGF), 1 negara memang tidak boleh memborong mendali. Hal ini terjadi pada kontingen Indonesia pada cabang olahraga balap sepada MTB SEA Games 2023 dengan nomor Cross Country Olympic (XCO) putra.

Dalam perlombaan tersebut, atlet Indonesia Ihza Muhammad finish di urutan ketiga, tetapi Ihza harus merelakan kemenangannya itu jatuh ke tangan wakil tuan rumah Kamboja, Khim Manglong yang menempati urutan keempat, sebab posisi pertama dan kedua sudah ditempati juga oleh atlet Indonesia yaitu Feri Yudoyono dan Zaenal Fanani.

Pasal 37 ayat C dalam aturan SEAGF, memang melarang negara menyapu bersih mendali pada 1 perlombaan yang sama.  Kebijakan ini sudah berlaku sejak 30 Mei 2010 silam.

 

<!--[if !supportLists]-->8.    <!--[endif]-->Podium penyerahan medali memakai lampu mobil

Insiden ini terjadi saat pengalungan medali bagi juara cabang olahraga Altletik Nomor 20 Kilometer SEA Games 2023. Keterbatasan fasilitas membuat panitia setempat terpaksa menerangi podium menggunakan lampu mobil.

Hal ini diketahui pertama kali lewat video yang diunggah oleh akunTikTok @bungabdur pada Sabtu (6/5/2023). Dalam video tersebut terlihat ada 3 atlet yang berada di atas podium untuk menerima mendali salah satunya adalah Hendro Yap dari Indonesia yang berhasil naik di podium tertinggi sebagai peraih medali emas di cabor tersebut.

 

<!--[if !supportLists]-->9.    <!--[endif]-->Bendera terbalik

Dari banyaknya fakta untik di SEA Games 2023, kejadian bendera terbalik dapat dikatakan menjadi peristiwa yang paling heboh. Terutama untuk netizen Indonesia, karena bendera merah putih menjadi salah satu dari 3 bendera negara yang dikibarkan terbalik, termasuk Vietnam dan Myanmar. Disebutkan kejadian tersebut terjadi saat Opening SEA Games 2023.

 

<!--[if !supportLists]-->10.    <!--[endif]-->Kebocoran di kamar atlet

Insiden ini dialami oleh para atlet bulu tangkis Indonesia, di mana salah satu kamar penginapan yang ditempati oleh Tim Bulu Tangkis Indonesia mengalami kebocoran.

Eddy Prayitno, Manajer Tim Bulu Tangkis Indonesia tersebut mengatakan kamar yang bocor tersebut dihuni oleh Komang Ayu Cahya Dewi, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspita Dewi. Kemudian, Eddy memastikan bahwa perbaikan telah dilakukan agar atlet Indonesia dapat kembali rehat setelah kejadan tersebut dilaporkan.

 

<!--[if !supportLists]-->11.    <!--[endif]-->Latar belakang utama venue pertandingan adalah Angkor Wat

SEA Games 2023 yang diadakan di Kamboja ini cukup membuat iri banyak orang karena negara ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Para atlet di cabor marathon dan balap sepeda mendapat kesempatan untuk bertanding sekaligus mengelilingi situs warisan dunia yang bersejarah itu. Bahkan atlet sepeda gunung pun bisa menikmati pemandangan alam dengan latar belakang pegunungan Kulen yang mengelilingi Siem Reap.

 

<!--[if !supportLists]-->12.    <!--[endif]-->Manusia yang menjadi tiang bendera

Proses pengibaran bendera saat penyerahan mendali di SEA Games 2023 juga berbeda dari biasanya. Di sana, yang menjadi tiang bendera adalah manusia yang tiangnya digenggam. Petugas yang memegang tiang bendera tersebut berseragam militer lengkap. Dalam beberapa momen pengalungan medali, pengibaran bendera tidak berjalan dengan mulus karena terdapat tali yang hanya berfungsi sebelah.

 

<!--[if !supportLists]-->13.    <!--[endif]-->Thailad sumbang atlet terbanyak

Thailand menjadi negara yang paling banyak menyumbangkan atlet dari sekitar 12 ribu atlet yang bertanding di SEA Games 2023 Kamboja. Diketahui, Thailand mengirimkan wakil sebanyak 1985 atlet yang menjadi jumlah terbanyak dari 11 negara peserta SEA Games 2023.

 

Sumber :

https://akurat.co/fakta-unik-sea-games-2023-kamboja

https://www.detik.com/sumut/berita/d-6716707/sederet-fakta-tak-mengenakkan-di-sea-games 2023-kamboja/2

https://onefootball.com/fr/news/5-fakta-menarik-sea-games-2023-kamboja-salah-satunya-ada-4-cabor-baru-37321071

https://indotnesia.suara.com/read/2023/05/09/145939/kejadian-unik-yang-terjadi-di-sea-games-kamboja-2023

Picture: Doc. Cambodia 2023