Awas Hipertensi! Beberapa Tips Mencegah Hipertensi Sejak Dini

Awas Hipertensi! Beberapa Tips Mencegah Hipertensi Sejak Dini

By Divisi News 8 min read
Awas Hipertensi! Beberapa Tips Mencegah Hipertensi Sejak Dini

Tips Mencegah Hipertensi Sejak Dini

Hipertensi merupakan kondisi meningkatnya tekanan darah sistolik lebih dari sama dengan 140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik lebih dari sama dengan 90 mmHg. Hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki keluhan. Hipertensi ini dapat disebabkan oleh 2 jenis faktor risiko yaitu faktor yang dapat diubah dan faktor yang tidak dapat diubah. Faktor yang tidak dapat diubah misalnya adalah usia, genetik dan jenis kelamin. Faktor yang dapat diubah misalnya adalah kebiasaan makan, aktivitas fisik, stress, dan kebiasaan merokok.

Perlu diketahui, hipertensi tidak hanya terjadi pada saat lanjut usia saja, tetapi juga kerap terjadi pada usia muda. Oleh karena itu, langkah untuk mencegah terjadinya hipertensi sejak dini perlu dilakukan. Dikutip dari Kementerian Kesehatan Indonesia, hal-hal yang dapat untuk mencegah hipertensi sebagai berikut :

1. Olahraga secara teratur

Olahraga yang dapat dilakukan meliputi senam aerobik, bersepeda, berenang, jalan, dan berlari. Kegiatan ini minimal dilakukan 30 menit setiap hari atau 150 menit per minggu. Olahraga secara teratur ini, dapat membantu mengurangi risiko hipertensi.

2. Mengurangi konsumsi garam

Kandungan natrium yang ada di dalam garam merupakan salah satu dari penyebab hipertensi. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi garam yang biasanya terkandung pada makanan, camilan, minuman ringan, dan makanan kaleng dapat dilakukan sebagai langkah mencegah hipertensi. Pada orang dewasa, konsumsi garam yang dianjurkan tidak boleh melebihi 1 sendok teh per hari. 

3. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan tekanan pada arteri yang lebih besar sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap pada kondisi ideal perlu dilakukan dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dan mengatur pola makan agar terhindar dari kelebihan berat badan dan obesitas yang dapat memicu kejadian hipertensi.

4. Pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat sepeti buah-buahan, sayuran, ikan, dan susu rendah lemak. Konsumsi kopi tanpa gula, teh hijau atau teh hitam juga dapat dilakukan. Selain itu, pola makan sehat juga dilakukan dengan mengindari konsumsi makanan tinggi garam, lemak jenuh dan kolesterol dengan cara mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang biasanya tinggi akan bahan-bahan tersebut.

5. Hindari rokok dan alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol menjadi salah satu faktor risiko hipertensi dan berisiko tinggi mmenyebabkan komplikasi pada penderita hipertensi seperti stroke dan penyakit jantung. Oleh karena itu untuk mencegah hipertensi, menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol perlu dilakukan.