Jumpa Pers SIPA 2023

Jumpa Pers SIPA 2023

By Divisi News 4 min read
Jumpa Pers SIPA 2023

URAKARTA (19/09/2023) -  Guna menyambut Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 diadakanlah jumpa pers yang dilaksanakan pada Selasa, 11 Juli 2023, di sekretariat SIPA. Jumpa pers ini dihadiri oleh Direktur SIPA, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kota Surakarta, wartawan media, dan tak ketinggalan juga Wirastuti Susilaningtyas atau yang lebih akrab disapa “Mbak Tutut” sebagai maskot SIPA tahun ini.


Solo International Performing Arts atau yang biasa dikenal dengan SIPA akan mengadakan pagelaran seni bertaraf internasional untuk yang ke-15 kalinya pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2023 mendatang di Benteng Vastenburg, Solo. Berbagai komunitas dan sanggar seni baik dari dalam negeri maupun mancanegara akan memeriahkan acara SIPA 2023. Beberapa kelompok seni dari mancanegara yang akan memeriahkan SIPA 2023 antara lain dari Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Lithuania, Taiwan, India , Jepang, serta beberapa negara yang masih dalam proses konfirmasi. 


Mbak Tutut selaku maskot SIPA 2023 menjelaskan bahwa meskipun semuanya dapat diutarakan dengan seni, namun harmonisasi dan keindahan dapat diutarakan melalui musik dan tarian. Hal ini selaras dengan tema SIPA 2023 yaitu “ Say All With Arts” yang akan mengangkat mengenai semangat keindahan seni untuk kehidupan. 


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta yang diwakili oleh Siti Khotimah, S.Sos., M.M, menyampaikan bahwa SIPA 2023 merupakan salah satu upaya diplomasi melalui seni