Divisi News
Penulis
7 min read dibaca 85 kali

DIET PLASTIK SAMA DENGAN MELINDUNGI BUMI

By Divisi News 7 min read
DIET PLASTIK SAMA DENGAN MELINDUNGI BUMI
Jangan hanya diet untuk tubuh, diet plastik untuk kebaikan bumi juga perlu lho..

Kalian pasti tau bahwa plastik merupakan sampah yang sulit terurai namun pemakaiannnya banyak digunakan, kota-kota di dunia menghasilkan sampah plastik 1,3 miliar ton pertahun, menurut perkiraan bank dunia jumlah ini akan terus bertambah hingga 2,2  miliar ton pertahun pada tahun 2025. Selama lebih dari 50 tahun produksi dan konsumsi plastik terus meningkat. Indonesia sendiri merupakan salah satu penyumbang limbah plastik terbesar di dunia, sangat menyedihkan bukan bahwa negara kita ikut berpatipasi dalam jumlah besar pada proses perusakan lingkungan. Jadi yang perlu kalian tanamkan dalam pola berpikir kalian adalah bahwa sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit, bayangkan satu orang mengurangi pemakaian plastik dan menularkan ke teman disekitarnya hingga sepuluh orang maka berkurang sepuluh limbah plastik, dan bayangkan jika satu juta orang berfikir  untuk tidak menggunakan plastik atau mungkin dalam jumlah yang lebih tinggi dari itu maka kita sangat berpartisipasi dalam menjaga bumi kita.

Disini saya akan memberikan tips diet plastik agar kita dapat berpartisipasi menjaga bumi kita untuk generasi yang akan datang walau sebenarnya kita tidak bisa benar benar seratus persen lepas dari plastik, namun setidaknya kita mengurangi penggunaan plastik.

1. Ini yang sudah mulai menjadi tren yaitu jangan menggunakan sedotan plastik, kita dapat menggantiya dengan sedotan yang berbahan dasar bambu, kertas atau pun kita dapat menggunakan stainless straw, dan untuk yang memiliki cafe atau warung makan coba jangan sediakan sedotan plastik.

2. Gunakan tas ramah lingkungan untuk berbelanja sesuatu seperti tote bag, dan untuk warung atau minimarket atau sejenisnya juga bisa berupaya dengan tidak menyediakan plastik agar pembeli juga terbiasa tidak menggunakan kantong plastik, karena jika dari toko sudah tidak menyediakan mau tidak mau pembeli harus membawa tas belanja sendiri. Kalo kalian lupa membawa tas untuk berbelanja jadikan hal itu hukuman untuk kalian karena ceroboh tidak membawa tas belanja.

3. Belanja ditoko tanpa kemasan plastik, toko atau supermarket tanpa kemasan ini memang jarang di Indonesia tapi sudah mulai ada toko tanpa kemasan plastik di kota-kota besar di Indonesia.

jadi, mari kita ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan ini demi generasi yang akan datang dengan mengurangi penggunaan plastik apalagi yang sifatnya sekali pakai.