Tes Kesehatan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri UNNES 2023

Tes Kesehatan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri UNNES 2023

By Divisi News 6 min read
Tes Kesehatan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri UNNES 2023

Senin (07/08) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggandeng Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM untuk melaksanakan tes kesehatan mahasiswa jalur Seleksi Mandiri (SM) yang dilaksanakan di Gedung Kearsipan UNNES. Tes kesehatan ini ditujukan bagi para mahasiswa baru UNNES yang lolos melalui jalur Seleksi Mandiri (SM). Kegiatan tes kesehatan ini melibatkan beberapa elemen dalam pelaksanaanya, diantaranya KSR PMI, PUSLAKES, MENWA, dan BEM KM. Tes kesehatan ini dilaksanakan mulai tanggal 5–8 Agustus 2023, serta tanggal 11–13 Agustus 2023. Penjedaan kegiatan tersebut dan pembagiaan waktu menjadi dua kloter dilaksanakan sehubungan dengan adanya pelaksanaan wisuda bagi mahasiswa UNNES pada tanggal 8–10 Agustus 2023. 


Pada kegiatan tes kesehatan bagi mahasiswa baru jalur SM ini, setiap harinya penyelenggara mulai melayani pada pukul 07.00–15.00 WIB dan menyediakan kuota bagi 700 orang untuk melaksanakan tes kesehatan. Namun, penyelenggara juga melayani mahasiswa baru SM yang hendak melakukan tes kesehatan susulan bagi mereka yang terkendala atau tidak bisa hadir pada waktu yang telah ditentukan tersebut. 


Pada tes kesehatan mahasiswa baru jalur SM ini, panitia menjelaskan bahwa terdapat serangkaian komponen pemeriksaan yang dilakukan. 


Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM, Muhammad Zaidan S. A., menjelaskan beberapa komponen pemeriksaan dalam wawancaranya dengan REM FM UNNES, “Ada (pemeriksaan) tensi; cek golongan darah namun, itu exclude dari pembayaran tes kesehatan, bisa menambah Rp 25.000,00; kemudian ada visus yaitu, pemeriksaan mata; kemudian ada (pemeriksaan) buta warna; ada pemeriksaan dokter; juga, vaksinasi dan juga pemindahan fasilitas kesehatan di klinik UNNES.”


Selain itu, tes kesehatan ini juga ramah bagi mahasiswa baru yang yang memiliki disabilitas. Hal tersebut dikarenakan panitia sudah menyediakan sarana dan prasarana penunjang bagi mereka yang membantu teman-teman disabilitas untuk melakukan tes kesehatan.