Upacara Wisuda ke 116 Universitas Negeri Semarang

Upacara Wisuda ke 116 Universitas Negeri Semarang

By Divisi News 10 min read
Upacara Wisuda ke 116 Universitas Negeri Semarang

Rabu (09/08) -  Universitas Negeri Semarang telah menyelenggarakan Upacara Wisuda ke-116 yang diikuti oleh mahasiswa dari semua fakultas. Upacara Wisuda kali ini terdiri dari program Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma. Upacara Wisuda dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Semarang yaitu Prof. Dr. S Martono, M.Si., kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan kelulusan oleh Wakil Rektor Bidang Akademi dan Kemahasiswaan. Wakil Rektor Bidang Akademi dan Kemahasiswaan menyampaikan, “Dalam rangka wisuda program doctor, magister, sarjana, dan diploma ke-116 tahun 2023 Universitas Negeri Semarang, meluluskan sebanyak 1.212 wisudawan yang terdiri dari 16 orang program doctor, 157 program magister, 1.036 program sarjana, dan 3 program diploma”. Wisudawan terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Teknik, Sekolah Pascasarjana, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Rata-rata IPK Lulusan yaitu 3.61, IPK tertinggi 4.00, dan rentang umur lulusan dari 20-56 tahun.

Ditengah-tengah suasana haru pada upacara wisuda, terdapat penampilan lagu “A sky Full Of Stars” oleh David Insani. Selain itu, terdapat juga penampilan wisudawan dari Fakultas Bahasa dan Seni yaitu Alfina Optimita Putri. Perwakilan wisudawan terbaik dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Rifda Ananning Sekarjene S.Pd dalam sambutannya mengatakan “Kesuksesan yang telah kita capai hari ini merupakan dukungan dan bentuk kasih sayang penuh dari mereka yang mencintai kita. Mereka yang percaya pada masa depan kita, mereka yang menunjukan empati dan kebaikan kepada kita, serta mereka yang memberikan keyakinan bahwa kita bisa”. Rifda juga menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen dan orang tua yang telah memberikan pengetahuan, dukungan, doa, serta pengorbanan sehingga dapat mencapai titik yang sekarang.

Rektor Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. S Martono, M.Si., turut memberi selamat kepada wisudawan sekaligus berterima kasih kepada para orang tua wisudawan yang telah mendukung putra-putrinya sehingga dapat menyelesaikan studi dengan baik dan dapat mewujudkan cita-citanya. Dalam sambutannya, Prof. Dr. S Martono, M.Si juga menyampaikan bahwa dalam beberapa bulan yang lalu, Universitas Negeri Semarang mendapat Penganugrahan Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2023. Universitas Negeri Semarang memperoleh peringkat satu pada kategori PTN-BH sekaligus memperoleh penghargaan IKU Tujuh terbaik se-Indonesia. Prof.Martono berkata “Penganugrahan IKU adalah hal yang sangat berharga bagi UNNES karena menunjukan bahwa sebagai perguruan tinggi, UNNES bekerja sesuai arah yang diharapkan sehingga diibaratkan sebagai perjalanan, kita berada pada arah yang benar”

Sebagai penutup Upacara Wisuda Universitas Negeri Semarang yang ke-116, terdapat persembahan gending UNNES Konservasi, Karawitan Sekar Domas. Kemudian pada akhir acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Prof. Dr. Muhammad Hafid, M,Si. Setelah selesai, REM FM juga melakukan wawancara dengan Kak Ayu yang merupakan wisudawan dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni. Kak ayu menyampaikan perasaannya setelah wisuda “Seneng banget sih, terus merasa lega gitu karena kan sudah selesai ya, cuma tinggal cari kerja aja”. Kak ayu juga menyampaikan pesan untuk adik tingkat “tetap menyerah dan jangan semangat”, ucap Kak Ayu.