Semarak Kemeriahan dan Semangat Baru PKKMB Fakultas Teknik 2023 Universitas Negeri Semarang

Semarak Kemeriahan dan Semangat Baru PKKMB Fakultas Teknik 2023 Universitas Negeri Semarang

By Divisi News 8 min read
Semarak Kemeriahan dan Semangat Baru PKKMB Fakultas Teknik 2023 Universitas Negeri Semarang

Dalam rangka memperkenalkan 1.580 mahasiswa baru dengan lingkungan kampus dan dunia perkuliahan, maka Fakultas Teknik (FT) melaksanakan agenda Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Fakultas Teknik UNNES tahun 2023 (PKKMB FT 2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dengan tema “STAKE”. Akronim yang menjadi tema tersebut, berasal dari rangkaian kata yakni “Set your move, take your role and make your dreams come true”. Dengan tema tersebut, diharapkan mahasiswa baru memiliki langkah baru maupun harapan baru untuk mengembangkan diri dan meneruskan perjuangan mahasiswa angkatan sebelumnya setelah pandemi panjang yang terjadi.


Jumat (18/08/2023) merupakan hari pertama PKKMB FT yang diawali dengan melaksanakan upacara pembukaaan. Setelah itu, mahasiswa baru diperkenalkan dengan lingkungan internal kampus di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang secara mendetail. Perkenalan tersebut meliputi jajaran pimpinan fakultas, sistem kemahasiswaan dan akademik, serta program keilmiahan. Kemudian pada hari pertama kegiatan pengenalan kampus ini, ditutup dengan safari kampus agar mahasiswa baru dapat mengenal lokasi dan peta kampus dengan baik sebelum memasuki masa perkuliahan.


Sabtu (19/08) merupakan hari kedua dari PKKMB FT UNNES tahun 2023. Rangkaian acara pada hari kedua tersebut dimulai dengan pengenalan Lembaga Kemahasiswaan dan Badan Semi Otonom (LK-BSO) yang ada di lingkungan Fakultas Teknik. Pada bagian tersebut adalah bagian yang menjadi pembeda dengan PKKMB FT tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan pada tahun ini, seluruh kegiatan perkuliahan dilakukan penuh secara luring sehingga, pengenalan LK-BSO yang ada di Fakultas Teknik UNNES dapat dilakukan dengan lengkap.


Setelah sesi pengenalan LK-BSO, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Presiden IIBF tentang Etika Digital dan Pengembangan Jiwa Entrepreneurship. Kemudian, pemaparan materi selanjutnya diberikan oleh Kapolda Jawa Tengah dengan materi Implementasi Bela Negara dan Anti Radikalisme dalam Kehidupan Kampus.


Sebagai penutup dari rangkaian acara PKKMB FT 2023 hari kedua ini, seluruh mahasiswa Fakultas Teknik, yang mana termasuk mahasiswa baru, memeriahkan acara persembahan yang menjadi puncak PKKMB. Dalam acara penutupan tersebut, terdapat seremonial secara simbolis penyerahan mahasiswa baru dari fakultas ke jurusan. Selain itu, puncak acara dimeriahkan dengan sorak-sorai seluruh mahasiswa lengkap dengan "Giant Flags" dari 5 jurusan di FT. Kemeriahan dalam puncak seremonial ini adalah bentuk sambutan kepada para mahasiswa baru Fakultas Teknik.