Viral di Sosial Media, Berikut Fakta Unik Patung Kaws ‘Rebahan’ di Candi Prambanan

Viral di Sosial Media, Berikut Fakta Unik Patung Kaws ‘Rebahan’ di Candi Prambanan

By Divisi News 19 min read
Viral di Sosial Media, Berikut Fakta Unik Patung Kaws ‘Rebahan’ di Candi Prambanan

Hadirnya Kaws Holiday di Candi Prambanan ternyata sukses menarik perhatian masyarakat baik warga lokal maupun mancanegara. Membawa tema Kaws Holiday Indonesia, patung boneka raksasa berwana pink ini bisa dinikmati sejak 19 Agsutus sampai 31 Agustus 2023.

Melalui kolaborasinya dengan studio kreatif AllRightsReserved dan perusahaan hiburan AKG Entertainment, karya seni sepanjang 45 meter dengan tinggi 15 meter ini merupakan bagian dari tur dunia Kaws Holiday. Lantas, sebenarnya apa itu Kaws Holiday?

Apa itu Kaws Holiday?

Meskipun sudah viral diberbagai sosial media, ternyata masih banyak yang belum tahu menahu mengenai Kaws Holiday. 

Kaws merupakan nama panggung dari Brian Donnelly. Lahir pada 4 November 1974, Brian Donnelly adalah seorang seniman multitalenta mulai dari seni musik sampai seni instalasi yang berasal dari New Jersey, Amerika Serikat. Nah, salah satu hasil seni Brian Donnelly adalah karyanya yang diberi nama Kaws yang menjadi tajuk dari tur dunia pameran dari seni instalasinya yang terbaru.

Kaws Holiday sudah digelar oleh Brian di beberapa negara Asia dan Austalia di mana pada setiap kotanya, warna dari patung boneka Kaws Holiday ini berbeda-beda. Di Indonesia sendiri warna yang terpilih untuk Kaws Holuday adalah berwarna pink dengan karakter “Accomplice” yang pertama kali muncul sebagai figur vinyl pada tahun 2002. Ukurannya yang besar dan warnanya yang menyala mampu menarik perhatian setiap pasang mata orang-orang untuk berkunjung ke Candi Prambanan.

Berikut fakta unik Patung Kaws Holiday di Candi Prambanan, yuk simak!

1. Singgah di Berbagai Belahan Dunia

Kaws Holiday merupakan bagian tur yang dilakukan oleh Brian Donnelly (Kaws) sejak 2018. Pada tahun 2023 ini, Brian memilih negara Indonesia tepatnya di Candi Prambanan sebagai perjalanan ke-10 dari tujuan Kaws Holiday dengan menampilkan ikon seperti patung boneka raksasa berwarna pink. 

Namun, sebelum memilih Candi Prambanan sebagai tujuan tour selanjutnya, Kaws Holiday sudah pernah menyambangi beberapa negara di belahan dunia seperti Danau Seokchon, Korea Selatan (2018); Chiang Kai-shek Memorial Hall, Taiwan (2019); Victoria Harbour, Hong Kong (2019); Gunung Fuji, Jepang (2019); Bristol, Inggris (2021); Luar Angkasa; The Float Marina Bay, Singapura (2022); Gunung Changbai, Tiongkok (2023); NGV Melbourne, Australia (2023); dan Candi Prambanan, Yogyakarta (2023)

2. Berukuran Besar dan Pilihan Warna Pink Penuh Keraguan.

Hal menarik selanjutnya yang menjadi magnet utama Kaws Holiday adalah ukurannya yang besar alias raksasa mencapai panjang 45 meter dan tinggi 15 meter. Selain ukurannya yang besar, pilihan warna pink Kaws Holiday khas seperti Barbie yang diboyong ke Indonesia pasti menjadi rasa penasaran wisatawan lokal maupun mancanegara dipilihnya warna tersebut.

Usut punya usut ternyata ada makna yang mendalam dipilihnya warna pink untuk Kaws Holiday dalam tur kali ini. Warna merah yang tidak benar-benar merah. Axton Salim, Board Member dari AKG Entertainment mengatakan bahwa warna pink sengaja dipilih tim AllRightsReserved dan AKG Entertainment sebagai partner lokal warna yang kontras dengan lanskap Candi Prambanan dan suasana pepohonan hijau di area tersebut walaupun warna ini sudah pernah ditampilkan sebelumnyA. 

3. Alasan Unik Berlokasi di Candi Prambanan.

Datangnya Kaws Holiday di Indonesia dengan dipilihnya Candi Prambanan untuk singgah dan sebagai tuan rumah merupakan hal spesial. Ternyata dibalik dipilihnya Candi Prambanan ini ada fakta menarik yang menjadi alasan yaitu karena Candi Prambanan memiliki lahan yang sangat luas. Hal ini berkaitan dengan dipilihnya pose tidur atau rebahan Kaws Holiday di tahun 2023. Mengingat ukurannya yang besar menjadikan lahan di Candi Prambanan ini cocok dan pas sebagai spot singgah Kaws Holiday. Jadi hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Selain itu, Brian Donnelly atau yang kerap disapa Kaws tersebut rupanya mengaku gembira karena dapat meletakkan kreasinya di sebelah Candi Prambanan yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai warisan dunia sejak tahun 1991. Melansir dari Harian Kompas, Brian mengatakan bahwa ia merasa terhomat karena “Kaws Holiday” bisa dinikmati oleh publik dan menjadi bagian dari lanskap budaya yang dinamis. 

4. Lahirnya Accomplice.

Accomplice dijadikan sebagai tokoh utama dalam event Kaws Holiday dan rupanya sudah cukup lama diciptakan oleh Brian Donnelly yaitu sejak tahun 2002, yang berarti saat ini usianya mencapai 21 tahun. Pada awal kelahirannya, Accomplice ternyata tidak langsung memiliki bentuk dan material seperti sekarang ini. Dulu Accomplice muncul sebagai figur vinyl sampai akhirnya berkembang seperti saat ini. 

5. Bentuk Promosi Pariwisata Sejarah Indonesia

Perlu kita ketahui, tujuan adanya event Kaws Holiday berupa patung besar Accomplice adalah bentuk promosi dari pariwisata di Indonesia. Tidak hanya warga lokal saja yang bisa menikmati, tetapi turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia juga bisa menikmati pesona indah yang ditawarkan, khususnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kehadiran patung ikonik Kaws Holiday tentunya akan menarik atensi dari para wisatawan dengan latar belakang Candi Prambanan yang begitu tersusun dengan apik dan rapi meskipun merupakan bangunan arsitektur kuno. Selain sebagai bentuk promosi, juga sebagai bentuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar Candi Prambanan sehingga dapat menyejahterakan masyarakat, saat para wisatawan berkunjung dan meningkat dengan pesat.

6. Pose Rebahan

Selain ukurannya yang besar dan dipilihnya warna pink, hal yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah kenapa berpose rebahan? Yaps... setelah menjalani tur di beberapa belahan dunia dan di setiap negara Kaws memiliki warna dan pose yang berbeda-beda, dalam sebuah interview Kaws pernah menjelaskan bahwa ia ingin menciptakan karya yang bersifat santai, serta dapat memberikan waktu bagi diri sendiri untuk berbaring dan melihat ke atas.

Sumber :

https://titipjepang.com/gaya-hidup/kaws-holiday-di-indonesia-di-jepang/

https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/21/150000265/lokasi-pameran-kaws--holiday-sebelum-hadir-di-candi-prambanan-?page=all

https://mojok.co/terminal/patung-raksasa-kaws-holiday-di-candi-prambanan-simbol-rakyat-jogja/

https://www.blibli.com/friends/blog/kaws-holiday-di-prambanan-15/

https://www.beritasatu.com/lifestyle/1064262/berpose-rebahan-ini-5-fakta-menarik-kaws-holiday-di-candi-prambanan