UNNES Buka Kesempatan Emas Bagi Ketua OSIS MPK Hingga Hafiz Al-Qur'an

UNNES Buka Kesempatan Emas Bagi Ketua OSIS MPK Hingga Hafiz Al-Qur'an

By Divisi News 8 min read
UNNES Buka Kesempatan Emas Bagi Ketua OSIS MPK Hingga Hafiz Al-Qur'an

Remfm.unnes.ac.id, Semarang - Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali membuka peluang istimewa bagi para siswa yang telah menorehkan prestasi gemilang, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, untuk bergabung dengan kampus konservasi tersebut. Melalui Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SM Prestasi) yang berlangsung mulai 28 Maret hingga 28 Juni 2024. 


Tahun 2024 UNNES akan menerima 11.300 mahasiswa baru di 74 program studi D3/S1 di sembilan fakultas. Dengan proporsi yang signifikan, sebanyak 48 persen atau 5.388 mahasiswa akan diterima melalui jalur Seleksi Mandiri UNNES, termasuk Seleksi Mandiri Prestasi.


Rektor Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. S Martono, M.Si., menegaskan bahwa jalur ini tidak hanya terbuka bagi mereka yang berprestasi di bidang olahraga, seni, dan sains, tetapi juga bagi mereka yang memiliki peranan penting di sekolah, seperti Ketua OSIS dan Ketua MPK. Tak ketinggalan, bagi siswa yang telah menunjukkan prestasi di bidang keagamaan, terutama sebagai hafiz Al-Qur'an minimal 20 juz, juga mendapat kesempatan yang sama untuk mendaftar SM Prestasi UNNES.



"Kami menyadari bahwa prestasi seseorang tidak hanya diukur dari nilai akademik saja. Banyak di antara siswa kita yang memiliki bakat dan prestasi luar biasa di luar bidang akademik", tegasnya.


Ia juga berharap, melalui jalur ini UNNES dapat memberikan ruang yang lebih luas bagi para siswa berprestasi untuk dapat mengembangkan potensi mereka di UNNES.


"Seleksi Mandiri Jalur Prestasi akan mempertimbangkan berbagai prestasi yang telah diraih oleh calon mahasiswa. Proses seleksi akan melihat dan memverifikasi sertifikat atau penghargaan yang telah diperoleh peserta," harapnya.


Kepala Humas Universitas Negeri Semarang, Rahmat Petuguran, mengungkapkan bahwa peserta yang dinyatakan lolos melalui SM Prestasi akan mendapatkan beberapa keistimewaan, seperti tidak dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan UKT kelompok rendah.


“Peserta SM Prestasi tidak akan dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan akan mendapatkan UKT kelompok rendah yaitu kategori 1 sebesar 500 ribu per semester atau kategori 2 sebesar 1 juta per semester,” ungkapnya.


jalur ini dapat mendorong siswa-siswi berprestasi untuk terus mengasah dan menunjukkan bakat mereka. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi tidak hanya menjadi pintu masuk bagi mereka untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas, tetapi juga sebagai platform untuk mengembangkan diri dan berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa.


Pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SM Prestasi) UNNES dibuka sejak 28 Maret 2024 hingga 28 Juni 2024. Informasi lebih lanjut mengenai jadwal serta persyaratan dapat diakses melalui laman admisi UNNES di https://unnes.ac.id/admission//