Pelaksanaan UTBK-SNBT Hari Ke-3 di Universitas Negeri Semarang

Pelaksanaan UTBK-SNBT Hari Ke-3 di Universitas Negeri Semarang

By Divisi News 6 min read
Pelaksanaan UTBK-SNBT Hari Ke-3 di Universitas Negeri Semarang

Semarang - Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi salah satu lokasi penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) secara serentak dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Indonesia. UTBK dilakukan dalam dua gelombang, namun UNNES hanya menggelar satu gelombang pada tahun ini.


UNNES dipilih sebagai tempat pelaksanaan UTBK karena fasilitas teknologi informasi dan komunikasinya yang baik. Lebih dari 11.000 peserta UTBK akan mengikuti tes di tiga lokasi berbeda di UNNES, yakni Gedung Digital Center, Gedung Kearsipan, dan Gedung TIK. Sehingga, sekitar lokasi tes menjadi ramai, terutama saat pergantian sesi.

 

Dilansir dari siaran langsung REM FM pada Jumat (3/5/2024), dua peserta UTBK yang berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyatakan bahwa tes dilaksanakan selama 4 jam dengan total 155 butir soal yang terbagi dalam dua jenis komponen, yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi. Tes Potensi Skolastik terbagi menjadi empat subtes, yaitu tes kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, serta pengetahuan kuantitatif. Adapun Tes Literasi terbagi menjadi tiga subtes yang meliputi literasi bahasa Indonesia, literasi bahasa Inggris, dan penalaran matematika. Pengerjaan masing-masing subtes diberi waktu selama 10-30 menit bergantung pada berapa banyak butir soal dalam setiap subtes.

 

Kelolosan untuk masuk perguruan tinggi melalui UTBK tentu menjadi harapan besar bagi para peserta, khususnya bagi mereka yang belum memeroleh keberhasilan dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Pengumuman hasil SNBT nantinya akan dilaksanakan pada 13 Juni 2024 dengan masa unduh sertifikat mulai dari 17 Juni s.d. 31 Juli 2024. Dalam hal ini, Universitas Negeri Semarang menyediakan 3.552 kuota calon mahasiswa baru melalui jalur SNBT. Selain itu, Universitas Negeri Semarang juga membuka jalur Seleksi Mandiri (SM) dengan kuota sebanyak 5.338 yang terbagi menjadi tujuh jalur. Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui akun resmi Instagram Universitas Negeri Semarang (@unnes_semarang) atau laman unnes.ac.id/admission.