Chiko
Penulis
14 min read dibaca 504 kali

5 Warung Makan Legendaris di UNNES

By Chiko 14 min read
5 Warung Makan Legendaris di UNNES
Dari yang paling murah sampai yang paling ditakuti, apakah Warung Makan Legendaris kamu masuk daftar berikut?

Hahahahalo warga UNNES baik sesepuh (semester sepuluh) atau mahasiswa baru yang barangkali masih baru pertama kali baca tulisan saya diharap bersuka cita. Kenapa? karena kali ini saya bakal share sebuah keajaiban dunia yang wajib kamu ketahui, jika kamu benar-benar ingin disebut mahasiswa UNNES

So, setelah melakukan sebuah perjalanan panjang, mendaki gunung (pati) lewati lembah, akirnya saya mendapat beberapa tempat, specifically rumah makan yang super legendaris dan wajib kamu coba (not sponsored btw)! here we go!


1. Warung Pak Matori (Cempaka Sari 2)

(Warung Mak Tori, Sumber: Google Maps)

Sebagai mahasiswa alumni District Cempaka Sari, saya sudah mencoba menjelajah seluruh tempat disini, dari Laundry, Rental PS, sampai Warung. Tentunya bagi warga District Cempaka Sari tentunya sudah familiar dengan Warung Pak/Mak Matori nama aslinya Bapak Matorian tapi kami biasa menyebut Pak Matori aja. Yes, warung yang selalu ramai karena memang harganya murah sekali gaes dan tempatnya yang lumayan strategis. Warung Pak Matori atau entah nama warung yang sesungguhnya apa (saya juga ga tau hehe) menyediakan menu Nasi Rames dengan lauk Sayur Sop, Telur Dadar, Bakso Tusuk, Ayam Goreng atau Gorengan (gile udah fasih bet ane).

 Minuman tentu bisa berbagai macam, dari teh-teh, kopi-kopi sampai kalo kamu haus banget kamu bisa pesen galon, seriously. Next hal yang bikin legend adalah pelayanan khas Mak Tori yang super humble dan lucu. Jam buka biasanya buka Senin - Sabtu jam 8pagi - 7malam, Minggu tutup. Untuk harga gak usah ditanya Rp6-8rb untuk rames aja, Rp.15.000 udah kenyang pol, mantap pokoknya. 

2. Warung Bu Tun (Banaran, dekat Gerbang)

(Warung Bu Tun, Sumber: Google Maps)


 So, this is the next! Jangan bilang anda mahasiswa kalo belum tau Bu Tun (buat maba segera cari tau), mungkin kalo para Pecinta Tanggal Tua a.k.a Ngiriters mungkin sudah ga asing lagi, atau udah terbiasa dengan nama Bu Tun. But, bagi kamu yang ga tau, warung ini menyediakan menu utama Nasi Goreng Telor dengan harga yang bikin geleng - geleng kepala. Gemana engga, satu porsi yang menurutku terhitung besar + telur dadar dihargai hanya Rp6rb, I'm not joking this is mind-blowing. Dari awal aku maba sampai sekarang yang sudah semester twaaa (mungkin) harganya masih tetap. Oya satu lagi, jangan pernah coba pesen Es Teh Tawar atau pesen Nasi Goreng pas pagi hari.

(Warung Bu Tun, Sumber: Google Maps)

Selain itu yang bikin legend adalah warung ini selalu buka walaupun tanggal merah/libur dan buka mulai jam 6sore - 10malam. Jadi silahkan dicoba (baca: dari mahasiswa tua), update: Bu Tun sekarang juga menjual rames.

3. Gongso Bu Erni (Cempaka Sari 2)

(Warung Bu Erni, Sumber: Google Maps)

Kalau yang satu ini wajib kamu tau banget, yes Gongso Bu Erni, warna warungnya hijau ada di Gg.Cempaka Sari sekitar 700 m dari Jl. Taman Siswa. Disini tentunya kamu bisa merasakan lezatnya aneka Gongso dan Nasi Goreng dengan berbagai toping. Kalau rasanya jangan di tanya lagi, sudah pasti top! Namun ada hal yang bikin unik dari Gongso Bu Erni dan merupakan salah satu alasana kenapa warung ini sangat populer, yaitu pelayananya yang unique sekaleeee. Karena dari gaya fashion ibunya yang lumayan nyentrik dan feedback yang kamu dapet dijamin unexpected banget. Pokoknya gitu lah, dicoba saja sendiri, dijamin unforgetable experience! Uwu~

4. Warung Punakawan (Cempaka Sari Ujung)

(Warung Punakawan, Sumber: Google Maps)

Nah warung makan yang satu ini lebih legend lagi, karena udah terkenal ke mantapanya sampai ke negeri Cina! Warung warna Coklat yang berlokasi di daerah cempaka sari tapi agak ke ujung dikit, depanya mushola itu lo. Warung ini terkenal karena kamu bisa ambil lauk sendiri, dan bayarnya tetap alias flat. Kamu mau ambil  banyak dikit tetap sama bayarnya, cocok ni buat maba yang masih rajin ngirit hehehehehe. Punakawan buka dari jam 9an - 5sore. Monggo dicoba! 


5. Warung Bu Joko (Cempaka Sari)

(Warung Bu Joko, Sumber: Google Maps)

Hoho pasti kalian tidak tau warung makan yang ini, karena kalian tidak menjadikan bangun pagi sebagai pesyen (baca: passion). Lokasinya ada di pertigaan cempaka sari yang mau ke FT, yang ada tambal ban nya, nah disitu. Hal yang bikin legenddd karena warung ini hanya buka ketika pagi buta, sekitar jam 5 pagi - 7 pagi, jadi macam flash sale gitu. Dulu sering banget kesini karena bosen dengan menu burjo/warmindo setiap pagi, sedangkan kamu bisa merasakan rames yang gurih disini. 

Menu yang sering dimasak Bu Joko adalah Nasi Telur Coklat dan Sayur Gori. Trus gorenganya dijamin masih anget, cocok buat kamu yang ga bisa memulai hari dengan ketinggalan sarapan. Untuk masalah harga, jangan ditanya, disini 5rb udah dapet nasi, kalo belum naik ya hehehe. Wajib banget dicoba.

Nah itu dia 5 warung legend yang ada di Universitas Negeri Semarang, jadi warung paling legend versi kamu siapa? komen dibawah...