Divisi News
Penulis
4 min read dibaca 39 kali

Semester Pendek

By Divisi News 4 min read
Semester Pendek
Akademia pasti sering denger SP (Semester Pendek), SP itu apasih ??

Akademia pasti sering denger SP (Semester Pendek), SP itu apasih ??
Semester pendek adalah semester singkat atau semester yang diadakan di antara semester genap dan ganjil pada setiap tahun ajaran universitas, Semester pendek dilaksanakan di luar jadwal kuliah, yaitu saat libur panjang semester. Durasinya sendiri biasanya sekitar empat sampai enam minggu, tergantung pada kebijakan masing-masing fakultas.
Tujuan dari semester pendek sebenarnya ada dua yaitu untuk perbaikan nilai dan akselerasi atau mempercepat masa studi. Semester pendek biasanya digunakan untuk perbaikan nilai atau mengulang mata kuliah yang tidak tuntas di semester reguler untuk memperbaiki nilai tersebut.
Selain untuk pengulangan atau perbaikan nilai, semester pendek juga kerap dimanfaatkan untuk mempercepat masa studi. Kamu bisa mengambil mata kuliah yang baru akan dibuka di semester yang akan datang. Dengan begitu, 144 SKS yang harus dituntaskan di tingkat sarjana bisa kamu selesaikan dengan lebih cepat dan ini merupakan keuntungan dari mengambil sester pendek. Durasi semester pendek yang singkat membuat banyak mahasiswa hanya menggunakannya untuk mengejar SKS saja tanpa benar-benar menguasai materi.
Jadi Akademia berminat buat ambil Semester Pendek gak nih ? 😊
Dilansir dari Ruangguru.id