Divisi News
Penulis
10 min read dibaca 25 kali

Mahasiswa KKN Unnes Menjadi Narasumber dalam Pelatihan IT di Desa Tegalombo Tahun 2019

By Divisi News 10 min read
Mahasiswa KKN Unnes  Menjadi Narasumber dalam Pelatihan IT  di Desa Tegalombo Tahun 2019
Sangat penting bagi siswa pada zaman sekarang untuk menguasai teknologi informasi, karena mereka yang nantinya akan menjadi penerus bangsa dengan keahlian yang

Dalam bidang pendidikan terdapat berbagai cabang ilmu yang harus dipelajari oleh siswa, diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Sejarah, Kesenian, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan lain sebagainya. Pada zaman sekarang tidak hanya TIK saja yang menuntut penggunaan teknologi, mata pelajaran yang lain juga membutuhkan keahlian teknologi. Akan tetapi, tidak semua wilayah di Indonesia mendapatkan pendidikan terkait teknologi dengan intensif. Di samping itu, fasilitas pendidikan pada tempat-tempat tertinggal belum memadai. Hal tersebut mengakibatkan tidak semua siswa dapat mengoperasikan teknologi sehingga menghambat mereka dalam hal pendidikan dan kehidupan sehari-hari. 

Sangat penting bagi siswa pada zaman sekarang untuk menguasai teknologi informasi, karena mereka yang nantinya akan menjadi penerus bangsa dengan keahlian yang lebih tinggi dibandingkan dengan zaman dahulu. Pada masa depan, akan lebih banyak hal lagi yang akan menggunakan keahlian teknologi informasi sehingga akan sangat merugikan apabila hal ini tidak menjadi perhatian khusus. Di antara banyak wilayah di Indonesia yang tertinggal dalam bidang teknologi dan informasi, salah satunya adalah Desa Tegalombo, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Tingkat pendidikan di Desa Tegalombo tergolong rendah, sebagian besar masyarakat di Desa Tegalombo masih lulusan dari Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dengan tingkat pendidikan yang demikian kurang mendukung adanya kemajuan penguasaan teknologi bagi siswa di Desa Tegalombo. 

(Kegiatan Pelatihan IT di Desa Tegalombo)

Khakim Assidiqi Nur Hudaya, Mahasiswa Unnes yang sekaligus merupakan Crew UKM REM FM menjadi narasumber dalam pelatihan IT di Desa Tegalombo tahun 2019. Khakim Assidiqi Nur Hudaya selaku mahasiswa KKN sengaja mengusulkan kegiatan tersebut untuk memberi pengetahuan tentang pemanfaatan Aplikasi Microsoft Excel sebagai alat pembukuan digital. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat desa, khususnya masyarakat sasaran yaitu pemuda dan remaja Desa Tegalombo. Pelatihan IT telah  dilaksanakan pada dua tahap. Tahap yang pertama dilakukan pada Minggu, 27 Oktober 2019 kemudian tahap kedua dilakukan pada Minggu, 3 November 2019. Pelatihan IT dilaksanakan di Posko KKN Unnes Lokasi Tahap II B.


Aplikasi Microsoft Excel dikenalkan mulai dari teori, bagian-bagian dalam Aplikasi Microsoft Excel, hingga praktik langsung dengan dibantu oleh 13 mahasiswa lainnya yang tergabung dalam KKN Lokasi Unnes Desa Tegalombo 2019. Pelatihan ini dihadiri oleh anak-anak dan remaja mulai anak SD hingga SMA/SMK, bahkan pemuda juga ikut berpartisipasi dalam pelatihan IT. Peserta mengikuti pelatihan dengan baik mulai awal hingga akhir, mereka antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Berbagai macam pertanyaan timbul dari peserta sehingga membuat pelatihan lebih hidup. Khakim Assidiqi Nur Hudaya dengan lugas dapat menjawab pertanyaan dari peserta dengan jelas dan membuat mereka memahami dengan baik. 

“Setelah mendapatkan pelatihan IT, kami sedikit banyak mengerti dan tahu bagaimana dasar-dasar menggunakan Aplikasi Microsoft Excel sebagai alat pembukuan digital” ujar Ainul, salah satu peserta pelatihan IT. Harapannya, peserta IT mampu mengetahui pemanfaatan IT dan mengaplikasikan ilmu yang didapat pasca kegiatan tersebut.

Penulis: Triantini, Rizki Ayu Rahmawati, Umi Kurniasih 

Editor: Chiko