Divisi News
Penulis
7 min read dibaca 161 kali

KKN ONLINE?

By Divisi News 7 min read
KKN ONLINE?
Biasanya KKN di ploting oleh kampus di suatu desa namun bagaimana kalau KKN di desa masing-masing saat Pandemi?


Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian kepada masyarakat adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh mahasiswa. Salah satu bentuk dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah KKN (Kuliah Kerja Nyata). Jika biasanya para mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN secara berkelompok di suatu Desa yang sudah ditentukan oleh pihak Universitas. Namun, pada KKN tahun 2020 ini ada yang sedikit berbeda dari KKN pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini para mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN di Desa masing-masing. 

Hal ini juga dilakukan oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES). Dikutip dari unnes.ac.id “…,ditengah pandemi Covid-19 UNNES mengambil sikap melakukan KKN dengan sistem Daring (Dalam Jaringan) berfokus pada pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi new normal dengan mengoptimalkan potensi daerah berbasis pendidikan, kesehatan, dan ekonomi dilakukan di rumah maupun di domisili masing-masing mahasiswa.” Kegiatan KKN UNNES tahun 2020 ini mengangkat tema Bersama Melawan Covid-19 (BMC-19) dan dilaksanakan mulai tanggal 9 Juli 2020 hingga tanggal 22 Agustus 2020 nanti.

“KKN BMC-19 ini KKN yang pelaksanaannya terbilang sangat efektif ditengah pandemic Covid-19 ini” ungkap Meliya, salah satu peserta KKN BMC-19 ini. Ada 8 progja individu dan 2 progja kelompok, lanjut Meliya. Untuk progja individu terdiri dari 3 progja wajib dan 5 progja pilihan. Salah satu progja wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa pada KKN BMC-19 ini adalah pelatihan budidaya sayur/buah. “tujuannya untuk mengajak masyarakat melakukan kegiatan positif walau hanya di rumah saja dan kegiatan tersebut juga diharapkan memberikan dampak positif bagi kesehatan maupun ekonomi. masyarakat dapat menanam, memanen, dan mengkonsumsi hasil panennya” pungkas Meliya.

Diharapkan dari kegiatan KKN BMC-19 ini dapat membantu proses pembangunan Desa. Mahasiswa juga diharapkan mampu mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai Protokol Normal Baru Desa dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan.

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman M.Hum berharap, mahasiswa memberikan peran nyata berdasarkan keilmuan, dapat menjaga nama baik perguruan tinggi, serta mengabarkan ke seluruh dunia tentang prestasi UNNES. Hal ini disampaikan oleh Rektor pada acara pelepasan peserta KKN BMC-19 yang dilaksanakan secara online pada Kamis 9 Juli 2020 lalu.

Sumbergambar: http://unnes.ac.id/berita