Divisi News
Penulis
9 min read dibaca 102 kali

Kesuksesan entrenador dibalik gelar ke 34 La Liga Real Madrid

By Divisi News 9 min read
Kesuksesan entrenador dibalik gelar ke 34 La Liga Real Madrid
Real Madrid juara LaLiga Spanyol musim ini seiring dengan keberhasilan menang 2-1 atas Villarreal, Jumat (17/7/2020) dini hari.

Terselip statistik top dari Zinedine Zidane, yang baru saja mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Spanyol untuk ke-34 kalinya sepanjang sejarah klub itu.

Real Madrid juara LaLiga Spanyol musim ini seiring dengan keberhasilan menang 2-1 atas Villarreal, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB. Dengan tambahan tiga angka dari laga tersebut, El Real dipastikan tak lagi bisa digeser dari puncak klasemen Liga Spanyol. Keberhasilan Los Blancos mengunci titel juara bisa jadi kian lengkap karena secara bersamaan Barcelona sang seteru abadi malah kalah 1-2 ketika menjamu Osasuna di partai jornada ke-37 LaLiga dini hari WIB tadi. Keberhasilan menjuarai LaLiga musim ini adalah yang ke-34 kalinya sepanjang sejarah (plus 23 kali jadi runner-up). El Real menegaskan sebagai tim tersukes Liga Spanyol, di atas Barcelona yang punya 26 gelar juara Liga Spanyol (plus 26 kali jadi runner-up). Buat Zinedine Zidane, itu merupakan gelar juara LaLiga yang ketiga bersama Real Madrid. Ia pernah satu kali meraihnya semasa masih bermain buat Los Blancos (2002/2003), dan dua lainnya semasa jadi pelatih (2016/2017 dan 2019/2020). Di kursi entrenador Real Madrid selama dua periode berbeda, Zinedine Zidane tercatat sudah meraih 11 trofi. Ia menyemen posisi sebagai pelatih tersukses kedua dalam sejarah klub itu, terkait aspek jumlah trofi.

Dengan 11 trofi, Zinedine Zidane cukup jauh mengungguli Luis Molowny di posisi ketiga. Ia butuh tambahan tiga trofi lagi untuk menyamai Miguel Muñoz sebagai pelatih tersukses sepanjang sejarah Real Madrid dengan raihan 14 trofi.

Namun, yang patut dicatat adalah bahwa Miguel Muñoz meraih 14 trofinya itu setelah menangani Real Madrid di dalam 605 pertandingan seluruh ajang. Ini yang kontras sekali dibandingkan dengan Zidane. Zinedine Zidane mampu meraih 11 trofinya sebagai pelatih Real Madrid sejauh ini "hanya" setelah menjalani 209 pertandingan di seluruh ajang. Nyaris sepertiga lebih sedikit dari jumlah laga Miguel Muñoz. Bahkan dengan keberhasilan mengoleksi 11 trofi selama melatih Real Madrid di dalam 209 pertandingan sejauh ini, dapat dikatakan bahwa Zinedine Zidane secara rata-rata sukses meraih satu trofi di dalam setiap 19 laga sekali.

Zinedine Zidane kembali mampu membantu Real Madrid meraih juara LaLiga. Zidane bak dewa penolong yang turun dari langit.

Madrid berhasil meraih gelar LaLiga ke-34 setelah mengalahkan Villarreal 2-1. Los Blancos berhasil menyalip Barcelona setelah kompetisi dilanjutkan lagi. Puncak klasemen LaLiga dikuasai Madrid dengan 86 poin. Liga tinggal menyisakan satu pertandingan lagi dan Barcelona, yang mengoleksi 79 angka, tak mungkin bisa untuk menyamai. Keberhasilan Madrid musim ini tak lepas dari racikan Zinedine Zidane sebagai pelatih. Pria asal Prancis itu total sudah mengoleksi 11 gelar selaku pelatih Los Blancos. Catatan itu didapat setelah menjalani 209 pertandingan di seluruh ajang. Jika diratakan, Zidane mampu meraih satu trofi setelah menjalani 19 laga.

Saya melihat di Twitter bahwa (Zidane) telah memenangkan satu trofi setiap 19 pertandingan," kata Presiden Madrid, Florentino Perez.