Divisi News
Penulis
7 min read dibaca 109 kali

Mahasiswa Baru Wajib Ketahui! Ospek Tak Hanya Sekali Loh!

By Divisi News 7 min read
Mahasiswa Baru Wajib Ketahui! Ospek Tak Hanya Sekali Loh!
Ospek itu penting agar kedepannya mahasiswa baru bisa lebih siap menjalani kehidupan kampus, dan lebih mantap dalam beradaptasi.

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek merupakan agenda tahunan yang sangat penting bagi Mahasiswa Baru yang telah diterima di suatu Universitas, karena disini lah segala pengetahuan dasar mengenai sistem pembelajaran, norma-norma, kehidupan lingkungan Perguruan Tinggi akan diperkenalkan, agar kedepannya mahasiswa baru bisa lebih siap menjalani kehidupan kampus, dan lebih mantap dalam beradaptasi.

Ospek di setiap Perguruan Tinggi memiliki nama dan jadwal kegiatan yang berbeda-beda tergantung dari pihak Universitas yang menyelenggara, nah untuk Ospek di UNNES sendiri diberi nama PPAK (Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan), nah faktanya PPAK ini memiliki tingkatan dalam pengenalannya lho akademia, yang pertama ada PPAK tingkat Universitas. Disini, pihak yang menjadi panitia adalah BEM KM (tingkat Universitas) di PPAK tingkat Universitas ini, mahasiswa baru akan diperkenalkan serba-serbi UNNES secara umum, seperti visi misi, fakultas, organisasi mahasiswa tingkat Universitas dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), nah di PPAK tingkat Universitas ini kalian berkenalan dengan berbagai kawan baru dari setiap Fakultas.

Setelah melewati PPAK tingkat Universitas, ditahap selanjutnya mahasiswa baru akan disambut PPAK Fakultas nih akademia, nah di PPAK tingkat Fakuktas ini mahasiswa baru akan jauh mendalami dan mengenal lingkup kampus yang lebih kecil, karena disini kalian hanya akan bertemu dengan teman se Fakultas dengan jurusan di dalamnya. Didalam PPAK ini, berfokus kepada visi misi dari setiap fakultas, organisasi tingkat fakultas, dan BSO (Badam Semi Otonom), dan yang menangani PPAK tingkat Fakultas adalah kepanitian dari BEM setiap Fakultas.

Nah diposisi Ospek yang terakhir ada pada setiap jurusan namun lebih familiar dikenal sebagai makrab jurusan, dan jurusan merupakan lingkup terkecil di sebuah Perguruan Tinggi, dalam hal ini panitia yang menangi adalah dari HIMA (Himpunan Mahasiswa), dan disini kalian hanya akan bertemu teman-teman sejurusan saja.

Nah itulah akademia tingkatan Ospek yang ada disetiap Universitas, tentunya Ospek yang diselenggarakan setiap Universitas memiliki ciri khas dan perbedaan ya, tergantung kebutuhan, dan walaupun Ospek tahun ini diselenggarakan secara online, tentu saja tidak akan menghilangkan keseruan dan kehikmatan ketika Ospek diselenggarakan secara offline.