Divisi News
Penulis
6 min read dibaca 32 kali

Bersepeda Tetap Aman Selama Pandemi

By Divisi News 6 min read
Bersepeda Tetap Aman Selama Pandemi
Bersepeda mampu menghilangkan rasa bosan dan stres akibat Covid-19. Tetapi, agar bersepeda tetap aman, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan!


        Selama beberapa bulan pandemi Covid-19, masyakarat tentu merasa jenuh karena harus menjalani kehidupan New Normal serta banyak aktivitas yang harus dibatasi. Oleh karena itu, mereka pun mulai mencari berbagai hal baru untuk dilakukan dalam memenuhi waktu luang mereka. Salah satunya adalah bersepeda. 

Bersepeda merupakan kegiatan yang tidak hanya memberikan kebugaran bagi tubuh, namun juga mampu menghilangkan rasa bosan dan stres akibat Covid-19. Selain itu, bersepeda juga bisa menjadi alternatif transportasi ketika berpergian pada masa pandemi ini. Akan tetapi, agar bersepeda tetap aman dan bermanfaat, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni:

1. Sebelum Bersepeda

a. Perhatikan imbauan pemerintah dan daerah yang aman dari Covid-19.

b. Jaga kebersihan sepeda, terutama bagian yang bersentuhan dengan tangan.

c. Persiapkan barang-barang pribadi seperti hand sanitizer, handuk kecil, botol minum, dan bekal.

d. Hindari droplet dengan mengenakan pakaian berlengan panjang, sarung tangan, masker, kacamata, penutup kepala.

e. Pilih masker berbahan kain yang tidak terlalu rapat dan mengganggu pernapasan.


2. Saat Bersepeda

a. Utamakan bersepeda sendirian. Apabila berkelompok, atur dalam rombongan kecil 2-5 pesepeda.

b. Pilih jalur yang menghindari keramaian dan daerah zona merah Covid-19.

c. Jaga jarak dan waspada terhadap pengendara kendaraan lain.

d. Patuhi rambu-rambu lalu lintas saat bersepeda.


3. Setelah Bersepeda

a. Sebelum masuk rumah, lepaskan semua perlengkapan yang digunakan.

b. Hindari kontak fisik dengan penghuni rumah dan menyentuh perabotan.

c. Semprot helm, sepatu, dan kacamata dengan cairan desinfektan.

d. Segera lepas pakaian, kaos kaki, sarung tangan, masker, penutup kepala, dan cuci tangan dengan deterjen.

e. Segera bersihkan diri, mandi dan keramas.

f. Istirahat dan pulihkan cairan yang hilang dari tubuh.



Sumber: sport.bisnis.com