Cara Mengatasi Baterai Ponsel yang Cepat Boros

Siapa nih yang sering sebal karena baterai ponsel yang boros dan cepat terkuras? Simak tips-tips berikut supaya bisa lebih hemat baterai yaa..

By Divisi News 9 min read
Cara Mengatasi Baterai Ponsel yang Cepat Boros

Hallo Akademia!!

Kuliah Online dan segala aktivitas di pandemi ini pasti lebih banyak dilakukan dengan ponsel, oleh karena itu selain kuota internet pasti baterai juga menjadi borosya. Baterai ponsel yang cepat boros memang membuat kita kesal dan ingin mengganti ponsel baru. Dalam waktu 10 menit, tiba-tiba ponsel bisater kuras 10 persen, misalnya. Padahal ponsel sedang tidak digunakan dan hanya menerima notifikasi-notifikasi dari email atau aplikasi chat WhatsApp.

 

Ada  beberapa penyebab daya baterai ponsel lebih cepat menurun. Terkurasnya baterai ponsel tersebut bias disebabkan oleh sejumlah aplikasi yang diam-diam dapat menguras daya baterai, bukan karena baterai ponsel rusak. Jadi kamu perlu teliti sebelum salah langkah ya.

 

CNN Indonesia.com merangkum beberapa cara mengatasi baterai yang cepat boros:

  1. Batasi aplikasi penguras baterai di latar belakang

Ponsel Android sesungguhnya telah dibekali dengan kepintaran untuk mendeteksi aplikasi-aplikasi penguras baterai di latar belakang. Kamu bias akses tersebut di pengaturan, kemudian ke baterai > batasi. Dalam pengaturan ini, Android memberikan saran aplikasi-aplikasi penguras baterai.

  1. Cek aplikasi penguras baterai

Selain di latar belakang, juga bias mengetahui aplikasi yang menguras baterai. Bisa mengecek ke pengaturan > baterai, kemudian kamu bias melihat daftar aplikasi beserta persentase  penggunaan daya baterai yang digunakan.

  1. Kamu disarankan untuk mengaktifkan pembatasan akses latar belakang untuk beberapa aplikasi. Untuk semua aplikasi, sebaiknya aktifkan mode pengoptimalan baterai.
  2. Turunkan tingkat kecerahan layar

Cara ini merupakan langkah yang paling mudah dilakukan. Sebagai informasi, semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin tersedot pula daya baterai. Oleh karena itu, disarankan konsumen untuk mengurangi tingkat kecerahan layar agar ponsel bias bertahan lebih lama. Ada baiknya agar tidak menggunakan kecerahan otomatis.

  1. Tutup seluruh aplikasi yang tidak digunakan

Pengguna ponsel memang terbiasa tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan. Padahal aplikasi yang tidak digunakan tersebut juga tetap berjalan di system ponsel sehingga menguras baterai ponsel.

  1. Matikan GPS,NFC, Wifi, dan Bluetooth

Matikan sinyal-sinyal radio seperti GPS, NFC, Wifi, & Bluetooth apabila tidak digunakan.

  1. Matikan lampu notifikasi dan mute notifikasi

Lampu notifikasi juga menguras daya baterai sehingga menjadi cepat boros. Lampu lebih baik dimatikan karena tidak terlalu dibutuhkan. Notifikasi juga lebih baik dinonaktifkan agar lebih menghemat baterai.

Menonaktifkan notifikasi memang membuat kamu bias melewatkan pesan penting. Namun tentu menghentikan bombardier notifikasi WhatsApp bias meringankan kerja baterai ponsel.

 

Nah di atas merupakan tips-tips yang bisa academia praktekkan agar baterai tidak boros. Semoga membantu..

 

 

Sumber : CNN Indonesia