Divisi News
Penulis
10 min read dibaca 43 kali

Pakai Masker Bikin Jerawatan?

By Divisi News 10 min read
Pakai Masker Bikin Jerawatan?
Bener ga sih pakai masker bisa bikin jerawatan? Yuk simak jawaban dan tips dari dokter supaya bisa tetap glowing meski pakai masker!

Masa pandemi seperti ini menuntut kita buat memakai masker setiap bepergian dan bertemu orang. Penggunaan masker yang terlalu lama pasti bagi beberapa orang terasa tidak nyaman, dan ada beberapa orang yang setelah memakai masker timbul banyak jerawat di beberapa area wajah yang tertutup masker.

 

Lalu apa kata dokter mengenai hal tersebut?

Dermatolog menjelaskan kalau hampir semua masker wajah memiliki potensi menyebabkan jerawat. Sebagian masker yang berbahan tebal memberikan abrasi pada kulit sehingga menyebabkan iritasi dari tekstur kain yang kasar. Sedangkan masker kain berbahan lembut dapat menahan bakteri dan menyebabkan kulit kering. Lalu, masker yang dapat dipakai berulang kali dapat menahan sisa-sisa deterjen yang dapat menyebabkan jerawat.

 

Tidak hanya itu, karbon dioksida dari aliran nafas yang tertahan dalam masker dapat mengiritasi kulit. Sebab, bakteri oral menempel pada kulit dan dapat membuat bakteri jerawat dan sejenisnya berkumpul. selain itu, keringat dan sebum turut meningkat karena mengenakan masker. Selain pemakaian masker, stres tambahan akibat isolasi di masa pandemi juga disebut bisa memperburuk kondisi kulit. Walter sebagai dokter kulit  menyarankan bila mengalami masalah jerawat yang seperti ini maka sebaiknya lakukan terapi gabungan antara obat kulit dengan upaya melepas stres.

 

Lalu bagaimana mengatasinya tanpa harus melepaskan benda yang dapat melindungimu dari bakteri dan virus ini? Ada beberapa cara menjaga wajah dari jerawat saat memakai masker yang bisa kamu coba nih

  1. Menggunakan masker kain

Yang pertama, usahakan menggunakan masker kain, karena masker ini nggak dapat kamu pakai berkali-kali. Kamu pun dapat mengurangi jumlah sampah karena selalu mengganti masker tersebut. Jadi, pilih masker kain dan miliki dalam jumlah yang cukup sehingga kamu bisa bergonta-ganti.

  1. Selalu rutin cuci maskermu

Sekalipun terlihat bersih, maskermu juga akan kotor dan memiliki bakteri maupun minyak tertahan di serat-serat kainnya. Jadi, jangan lupa untuk selalu mencuci masker setelah mengenakannya. Usahakan untuk menggantinya sehari sekali untuk menghindari banyaknya kuman menempel pada masker. selain itu, pastikan jangan sampai ada sisa deterjen atau bahan pencuci lainnya menempel pada maskermu, ya!

 

  1. Selain cuci masker, bersihkan juga wajahmu

Meski sebagian wajahmu terlindungi oleh masker, bukan berarti selamat dari berbagai kotoran dan bakteri, loh.. maskermu turut menahan keringat dan sebum yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit.

 

  1. Gunakanlah skincare untuk merawat kulitmu

Bakteri dalam rumah, bakteri dari masker, bakteri dari benda-benda yang menempel pada wajah (seperti bantal dan gawaimu), semua tetap dapat menyebabkan jerawat. Karena itu, tetap lakukan rutinitas skincare-mu. Sebelum pakai masker, awali dengan mencuci wajahmu. Lalu, aplikasikan produk seperti toner, essence, serum, krim wajah secara bertahap. Jika ingin keluar rumah, pakai tabir surya sebelum mengenakan masker.

Saat kembali pulang, segera cuci wajahmu lagi. Jangan lupa tetap melakukan perawatan mingguan seperti eksfoliasi wajah dan mengaplikasikan face mask untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan bebas jerawat!

 

Tetap semangat dan patuhi protocol kesehatan ya.. coba lakukan tips-tips ini untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah. Jadi, kamu tetap cantik dan terhindari dari virus!

 

Sumber : Detik.com dan Popbela.com