Divisi News
Penulis
4 min read dibaca 20 kali

Festival Gedongsongo 2020 Kembali Digelar

By Divisi News 4 min read
Festival Gedongsongo 2020 Kembali Digelar
Dilaksanakan selama 2 hari, tari-tarian yang mengisahkan sejarah Candi Gedongsongo dibawakan 50 penari dari berbagai sanggar kesenian.

Festival Gedongsongo 2020 resmi digelar pada rabu (11/11/2020) kemarin. Acara yang diselenggarakan sejak tahun 2019 lalu ini mengisahkan sejarah Candi Gedongsongo.

Dewi Pramuningsih mengatakan dalam Festival Gedongsongo kali ini dilaksanakan 2 (dua) hari, tanggal 11-12 November 2020. Kegiatan ini lebih banyak diisi dengan sejumlah tari-tarian yang mengisahkan sejarah Candi Gedongsongo. Beliau juga menuturkan, untuk memeriahkan event ini, 50 penari dari berbagai sanggar kesenian dibawah asuhan komunitas masyarakat adat Gedongsongo ikut dilibatkan.

Pelaksanaan berbeda dari tahun sebelumnya. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, pelaksanaan festival pada tahun 2020 ini disiarkan secara virtual dan diterapkan pembatasan pengunjung yang dapat menyaksikan secara langsung. Meski demikian, festival Gedongsongo 2020 diharapkan tetap dapat dinikmati masyarakat seperti yang disampaikan oleh Ketua Tokoh Adat Gedongsongo, Sarwan, "Virtual Festival Gedongsongo diharapkan membuka wawasan masyarakat luas tentang perkembangan destinasi wisata di Gedongsongo." Sarwan juga mengungkapkan, bahwa Festival Gedongsongo tidak hanya tentang alam tetapi edukasi, konservasi lingkungan maupun budaya, serta ritual resik-resik candi dengan memanfaatkan sumber mata air yang merupakan salah satu bagian dari bentuk konservasi. 


news source: tribun.com

image source: replubika.co.id