Divisi News
Penulis
7 min read dibaca 42 kali

Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa Kepada Drs. H.A.M. Nurdin Halid

By Divisi News 7 min read
Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa Kepada Drs. H.A.M. Nurdin Halid
Kamis, (11/ 02/ 2021) Universitas Negeri Semarang kembali menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa.

Kamis, (11/ 02/ 2021) Universitas Negeri Semarang kembali menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa. Pada kesempatan ini, Tim Promotor, yakni Ibu Prof Dr. Tandio Rahayu, M.Pd, Bapak Rektor Prof Dr. Fathur Rokhman, M.Hum, dan Bapak Prof Dr. Zaenuri, M.SI, Akt. mempromosikan Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia dan Tokoh Industri Olahraga Nasional, yakni Bapak Drs. H.A.M. Nurdin Halid.


Nurdin Halid, merupakan salah satu tokoh nasional yang berkontribusi besar dalam memajukan industri olahraga, khususnya sepakbola. Melalui gagasannya, Ia berperan mengantarkan Indonesia menuju industri olahraga yang modern. Namanya dikenal saat sukses membawa PSM Makassar ke babak 8 besar Liga Champions Asia, di bawah kepemimpinannya, sederet prestasi dapat diraih oleh Club PSM Makassar, baik di kancah nasional maupun internasional.


Syarat orang yang dapat menerima gelar kehormatan ini, di antaranya:

1. memiliki jasa yang luar biasa di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya, kemanusiaan, dan/atau bidang kemasyarakatan;

2. sangat berarti bagi pengembangan pendidikan dan pengajaran dalam satu atau sekelompok bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya, kemanusiaan, dan/atau bidang kemasyarakatan;

3. sangat bermanfaat bagi kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia; dan

4. luar biasa mengembangkan hubungan baik bangsa dan negara Indonesia dengan bangsa dan negara lain  di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya, kemanusiaan, dan/atau bidang kemasyarakatan.

"Berdasarkan kriteria tersebut, Bapak Nurdin Halid adalah sosok yang kami nilai sangat tepat menerima gelar doktor kehormatan tersebut." Ujar Bapak Prof Dr. Fathur Rokhman dalam pidatonya.


Bak gayung bersambut, Nurdin Halid yang merupakan Ketua Umum Persatuan Seluruh Indonesia (PSSI) pada tahun 2003-2011, di akhir pidatonya beliau menyatakan, "Bapak memberi penghargaan bukan kepada orang yang salah, bukan kepada orang yang tidak tepat, bukan kepada orang yang tidak benar, tapi bapak memberikan kepada orang yang benar dan tepat."


Usai penganugerahan tersebut, tampak Bapak Nurdin Halid berfoto bersama jajaran Sivitas Akademika UNNES, dan kemudian berfoto bersama keluarganya.


Source: s.id/youtubeUNNES