Divisi News
Penulis
6 min read dibaca 127 kali

Aneka Ragam Tradisi Idul Fitri

By Divisi News 6 min read
Aneka Ragam Tradisi Idul Fitri
Hari raya Idulfitri merupakan hari raya seluruh umat muslim di dunia. Namun, rutinitas Idulfitri di setiap negara berbeda-beda. Penasaran?

Hari raya Idulfitri memang menjadi momentum yang ditunggu-tunggu bagi seluruh umat Muslim di dunia. Di indonesia sendiri, Idulfitri sering disebut dengan istilah "Lebaran". Terdapat banyak hal dan tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk menyambut hari raya Lebaran. Yuk simak apa saja!

1. Mudik atau pulang kampung

Para perantau biasanya melakukan perjalanan mudik untuk bisa berkumpul dan silaturahmi di kampung halaman. Akan tetapi, tahun ini tradisi mudik ini dilarang pelaksanaannya oleh pemerintah, hal ini untuk mencegah penyebaran virus covid yang masih merebak.

2. Makanan khas lebaran

Ketupat dan opor ayam menjadi ikon penting dalam perayaan Idulfitri di Indonesia. Hampir setiap rumah akan menyajikan kuliner khas ini di hari raya Idulfitri lengkap dengan berbagai lauk pendamping yang tak kalah khas seperti opor, rendang, sambal goreng, dan lainnya.

3. Pemberian Angpau atau THR

Tradisi ini menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak, karena biasanya orang-orang dewasa akan membagikan amplop berisi uang kepada anak-anak kecil.

4. Takbiran

Pada malam Lebaran, orang-orang akan berkeliling dengan pawai obor atau menabuh beduk untuk mengumandangkan takbir. Takbiran merupakan tradisi Lebaran yang juga ditunggu-tunggu karena biasanya berlangsung sangat meriah.

5. Ziarah atau nyekar

Ziarah kubur atau nyekar dilakukan sehari sebelum Lebaran atau di pagi hari pertama Lebaran. Ziarah atau nyekar ini sebagai tanda bakti kepada para keluarga maupun leluhur yang sudah meninggal, biasanya dilakukan dengan mengaji dan merapikan makam.

6. Halal bi halal dan sungkem keluarga.

Hari raya Lebaran di Indonesia sangat identik dengan silahturahmi pada keluarga dan sanak saudara. Pada hari pertama Lebaran, biasanya digunakan untuk mengunjungi keluarga dan saling bermaaf-maafan, itulah yang dinamakan dengan halal bi halal.


Kalau di lingkungan Akademia, bagaimana nih tradisi lebarannya?


Selamat hari raya Idulfitri, Akademia! Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan, ya! Viva Akademika!


OMON by Ayesha