Munculnya Mutasi Baru Virus Corona di Indonesia

Tahukah Akademia bahwa masuknya virus Corona varian Delta dapat memicu gelombang kedua Covid-19 di Indonesia!

By Divisi News 4 min read
Munculnya Mutasi Baru Virus Corona di Indonesia

Menurut data Kementerian Kesehatan per 13 Juni 2021, tercatat sudah ada 145 kasus mutasi virus SARS-CoV-2 yang tergolong 'Variant of Concern (VoC)', yang berhasil teridentifikasi di Indonesia berdasarkan hasil Whole Genome Sequence (WGS) secara berkala. Rinciannya yaitu, 36 kasus B117 Alfa, 5 kasus B1351 Beta, dan 104 kasus B1617.2 Delta.

Masuknya beberapa mutasi baru virus Corona menjadi penyebab banyaknya penambahan kasus Covid-19 di Indonesia. Bahkan, penambahan kasus Covid-19 di Indonesia per tanggal 24 Juni 2021 menjadi yang tertinggi daripada sebelumnya, yaitu berada pada angka 20.574 kasus.

Masuknya beberapa varian tersebut berakibat dalam peningkatan penularan, peningkatan virulensi atau perubahan presentasi penyakit klinis, bahkan mampu menurunkan efektivitas vaksin. 

Munculnya beberapa mutasi baru virus Corona, khususnya varian Delta diketahui dapat menularkan lebih cepat daripada virus corona sebelumnya. Virus corona yang telah bemutasi bisa menimbulkan gelombang ketiga apabila tidak secara cepat ditangani. Sehingga diharapkan, pemerintah lebih tegas dalam mengawasi masyarakat serta masyarakat juga harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan 5M dalam setiap kegiatannya.


Sumber: CNN Indonesia

OMON by Sakha