Kemenangan Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo

Halo Akademia, sekarang lagi musim-musimnya Tokyo Olimpiade, nih. Apakah Akademia termasuk penggemar dunia olahraga? Yuk, simak berita berikut ini.

By Divisi News 10 min read
Kemenangan Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo

Setelah ditunda dari tahun 2020, akhirnya Olimpiade Musim Panas Tokyo secara resmi dibuka nih Akademia, dengan upacara pembukaan pada Jumat, 23 Juli 2021 lalu. Permainan ini akan berjalan hingga 8 Agustus nanti. Meski pelaksanannya sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, tetapi olimpiade ini akan tetap menjadi tempat untuk memamerkan talenta atlet top dari seluruh dunia.

Untuk sementara ini, Indonesia sudah sukses meraih medali loh Akademia, siapa saja mereka? Mereka adalah atlet angkat besi, Windy Cantika Aisah yang turun di cabor angkat besi, tepatnya kelas 49 kg putri, pada Sabtu (24/7/2021). Kemudian ditambah medali lagi oleh Eko Yuli Irawan dengan medali peraknya, yang turun di kelas 61 kg putra, Ia tampil di Tokyo International Forum, Minggu (25/7/2021) siang WIB.

Kemudian disusul lagi dengan hasil yang diraih oleh sejumlah wakil Indonesia di cabor lainnya. Seperti Rio Waida, berhasil melaju ke babak 16 besar cabor surfing papan pendek putra. Selanjutnya, dari para wakil cabor bulu tangkis, ada tiga wakil tim bulu tangkis Indonesia yang turun pada Minggu (25/7/2021), yakni Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. 

Indonesia sendiri mengirimkan 28 atlet sebagai peserta aktif dan 1 atlet sebagai peserta cadangan, dengan rincian sebagai berikut:

• Bulu tangkis:

1. Anthony Sinisuka Ginting (Tunggal Putra)

2. Jonatan Christie (Tunggal Putra)

3. Gregoria Mariska Tunjung (Tunggal Putri)

4. Greysia Polii (Ganda Putri)

5. Apriyani Rahayu (Ganda Putri)

6. Kevin Sanjaya Sukamuljo (Ganda Putra)

7. Marcus Fernaldi Gideon (Ganda Putra)

8. Mohammad Ahsan (Ganda Putra)

9. Hendra Setiawan (Ganda Putra)

10. Praveen Jordan (Ganda Campuran)

11. Melati Daeva Oktavianti (Ganda Campuran)

• Atletik:

1. Lalu Muhammad Zohri (100 m putra)

2. Alvin Tehupeiory (100 m putri - wildcard)

• Panahan:

1. Diananda Chairunisa (Recurve perorangan putri)

2. Riau Ega Salsabila (Recurve perorangan dan beregu putra)

3. Arief Dwi Pangestu (Recurve beregu)

4. Bagas Prastayadi (Recurve beregu)

• Menembak:

1. Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (10m air rifle)

2. Rowing Mutiara Rahma Putri (Lightweight Women Double)

3. Melani Putri (Lightweight Women Double)

• Surfing:

1. Rio Waida (man shortboard)

• Angkat Besi:

1. Eko Yuli Irawan (61 kg putra)

2. Deni (67kg putra)

3. Rahmat Erwin Abdullah (73kg putra)

4. Windy Cantika Aisah (49kg putri)

5. Nurul Akmal ( 87kg putri)

• Renang

1. Aflah Fadlan Prawira (wildcard)

2. Azzahra Permatahani (wildcard).

Namun sayangnya, keseruan itu tidak bisa ditonton secara langsung nih Akademia. Dikarenakan penyelenggara melarang penonton internasional untuk menonton secara langsung, hal ini guna menghindari kenaikan kasus Covid di Jepang, sehingga kita hanya diperbolehkan melihat dari rumah saja.

Nah, Akademia penasaran ngga sih gimana cara nonton pertandingan-pertandingan mereka? Ternyata Akademia tetap bisa menonton jagoan-jagoan Akademia sambil di rumah aja loh. Akademia bisa menontonnya melalui kanal TVRI, Indosiar, juga di Vidio.com. Di sisi lain, pemegang hak siar tayangan Olimpiade Tokyo 2021 di Indonesia adalah Emtek Grup, yang merupakan pemilik dari Indosiar, SCTV, dan kanal streaming Vidio.com.

Yuk, Akademia. Tetap dukung jagoanmu meski di rumah aja.


Sumber: tirto.id